Ada 6 daerah di Jabar masuk zona merah Covid-19


ANTARAJATIM – BANDUNG. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyebutkan, ada 6 daerah di Jabar yang berstatus zona merah Covid-19. Keenam daerah tersebut yakni, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok dan Karawang.

Adapun, daerah yang paling lama berstatus zona merah adalah Kabupaten Karawang. “Dengan berat hati, Karawang masih merah. Jadi sudah 5 minggu berturut-turut,” kata pria yang akrab disapa Emil itu saat ditemui usai rapat koordinasi di Mapolda Jabar, Senin (11/1).

Menurut Emil, pihaknya telah menurunkan tim wilayah zona risiko, khususnya Kabupaten Karawang sebagai upaya penanggulangan dan pemulihan zona merah tersebut.

“Kita sudah menurunkan tim ke sana. Mudah-mudahan secepatnya pulih zona merah itu,” kata Emil.

Baca Juga: Ridwan Kamil minta masyarakat tak khawatir dengan kebijakan PPKM

Emil pun menyampaikan berita baik terkait kapasitas rumah sakit yang dinilainya sudah membaik atau tidak meningkat seperti sepekan sebelumnya.

Emil menilai, dukungan TNI, Polri dan pihak lainnya sangat berpengaruh dalam menekan penyebaran Covid-19 ini. Pekan ini, Pemerintah Provinsi Jabar telah melakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional di 20 daerah di Jabar. “Sudah dimulai hari ini,” ucap Emil.

Pihaknya pun telah memberikan arahan untuk membangun posko-posko yang terlihat ataupun yang sifatnya internal untuk menjadi tempat koordinasi selama 14 hari mendatang.

“Saya memberikan pesan agar semua taat selama 14 hari, supaya setelah 14 hari kita bisa kembali lebih longgar. Tapi kalau 14 hari tidak disiplin, maka bukan tidak mungkin PPKM ini ditambah,” ujar dia.

Baca Juga: Masuk Bali, pelaku transportasi logistik jalur darat bisa rapid test antigen gratis

Penulis : Kontributor Bandung, Agie Permadi
Editor : Abba Gabrillin

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “6 Daerah di Jabar Zona Merah, Kabupaten Karawang yang Terlama”.



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.