Korea Utara gelar parade militer saat perayaan Kongres Partai Buruh?


ANTARAJATIM – SEOUL. Para pejabat dan individu yang telah lama terlibat dalam urusan pemerintahan diundang sebagai tamu istimewa ke “perayaan” Kongres Partai Buruh, meningkatkan kemungkinan Korea Utara mungkin sedang bersiap-siap menggelar parade militer.

Pada Senin (11/1), Yonhap melaporkan, para pejabat militer Korea Utara mengatakan, tanda-tanda Korea Utara akan melakukan parade militer di Pyongyang pada Minggu (17/1) malam dalam rangka Kongres Partai Buruh ke-8 telah tampak sejak pembukaan acara itu pada pekan lalu.

Media Pemerintah Korea Utara sejauh belum melaporkan persiapan parade militer, menimbulkan spekulasi itu mungkin hanya latihan dan parade militer dapat berlangsung di masa mendatang. Korea Utara biasanya menyiarkan langsung atau rekaman parade militer.

“Komite Sentral Partai Buruh mengundang pejabat dan orang-orang dari layanan terkemuka, yang telah lama bekerja di partai, pemerintah, dan militer, sebagai tamu istimewa pada perayaan Kongres ke-8,” sebut kantor berita Korea Utara KCNA, Selasa (12/1), tanpa memerinci perayaan itu.

Baca Juga: Daftar Politbiro Partai Buruh terbaru, tak ada nama saudara perempuan Kim Jong Un

MILITER KOREA UTARA

Korea Utara terakhir kali mengadakan parade militer besar-besaran pada Oktober tahun lalu untuk merayakan ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh.

Pyongyang memamerkan senjata mutakhirnya, termasuk rudal balistik antarbenua baru dan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri acara tersebut dan menyampaikan pidato.

Dalam sesi awal Kongres Partai Buruh, Kim mendefinisikan AS sebagai “musuh utama” Korea Utara dan berjanji untuk memperkuat persenjataan nuklirnya.

Militer Korea Selatan menyatakan pada Selasa (12/1), kegiatan yang berkaitan dengan Kongres Partai Buruh Korea Selatan tampaknya terus berlanjut, tanpa memerinci lebih lanjut.

“Otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat secara menyeluruh mengikuti dan memantau tindakan terkait dalam koordinasi yang erat,” kata juru bicara Kepala Staf Gabungan Kolonel Kim Jun-rak, seperti dikutip Yonhap.

 



Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.