Rupiah hari ini menguat ke level Rp 14.109 per dolar AS di kurs Jisdor


ILUSTRASI. Petugas teller memperlihatkan mata uang rupiah pecahan Rp 100 ribu di salah satu bank di Tangerang Sealtan, Rabu (18/11). /pho ANTARAJATIM/Carolus Agus waluyo/18/11/2020.

Reporter: Hikma Dirgantara, Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

ANTARAJATIM – JAKARTA. Rupiah hari ini menguat di kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor). Pada Rabu (13/1), rupiah bertengger di level Rp 14.109 per dolar AS.

Sementara kemarin kurs rupiah di kurs tengah BI ada di level Rp 14.231 per dolar AS.

Selain di kurs Jisdor, rupiah pagi ini juga menguat di pasar spot. Meski begitu, Presiden Komisaris HFX International Berjangka Sutopo Widodo memperkirakan, tren pelemahan rupiah kemungkinan besar akan berlanjut. Hitungan Sutopo, rupiah akan diperdagangkan pada kisaran Rp 14.100 per dolar AS-Rp 14.300 per dolar AS.

Baca Juga: Kurs dollar-rupiah di BRI hari ini Rabu 13 Januari, cek sebelum tukar valas

Menurut dia, penguatan dolar AS masih akan jadi sentimen yang menekan pergerakan rupiah pada perdagangan hari ini. 

“Kenaikan dolar AS tidak terlepas dari imbal hasil obligasi dolar AS yang masih dalam tren kenaikan. Di satu sisi, kekhawatiran penyebaran virus corona dan ketidakpastian politik di AS juga masih jadi sentimen yang menguntungkan dolar AS. Dus rupiah masih akan cenderung tertekan,” kata Sutopo kepada ANTARAJATIM, Selasa (12/1).

Sementara ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail juga meyakini rupiah kembali akan melemah. Menurut dia, kabar yang melaporkan defisit APBN AS hingga US$ 2,3 triliun telah membuat kebutuhan akan dolar AS terus naik. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.