ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Daftar bank terbesar di dunia memiliki aset yang sangat mencengangkan, yakni mencapai ratusan triliun dollar AS. ANTARAJATIM/Carolus Agus waluyo/03/11/2020.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ANTARAJATIM.NET – NEW YORK. Salah satu bisnis tertua di dunia adalah bisnis bank. Bahkan, bisnis bank juga seringkali dianggap sebagai usaha paling menguntungkan secara global. Itu sebabnya, bank- bank terbesar di dunia masuk dalam deretan perusahaan paling menguntungkan secara global. 

Daftar bank terbesar di dunia memiliki aset yang sangat mencengangkan, yakni mencapai ratusan triliun dollar AS. Bank juga merupakan industri yang sangat dinamis. Industri perbankan saat ini telah mengalami perubahan besar dan semakin kompetitif. 

Bank adalah salah satu bisnis yang paling pertama menerapkan setiap perubahan teknologi. 

Berikut ini 7 bank terbesar di dunia berdasarkan jumlah jumlah aset seperti dikutip dari lembaga survei Forex Market Sentiment Indocators (FXSSI), Jumat (5/3/2021): 

Baca Juga: Bank Syariah Indonesia (BRIS) berupaya menjadi bank syariah kelas internasional

1. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) 

Industrial and Commercial Bank of China atau biasa dikenal dengan ICBC adalah pemegang rekor sebagai bank terbesar di Asia sekaligus bank terbesar di dunia dari sisi aset. Logo ICBC yang identik dengan uang koin China kuno berwarna merah ini sangat mudah ditemui di kota-kota besar di seluruh dunia. 

Ini menandakan, operasional bank ini menjangkau secara global di banyak negara. ICBC sendiri merupakan bank BUMN milik pemerintah China dan berkantor pusang di Peking. Aset bank dengan jumlah karyawan 460.000 orang ini pada tahun 2020 lalu mencapai US$ 4,91 triliun. 

Baca Juga: Bank Syariah Indonesia jajaki kerja sama dengan Dubai Islamic Bank

2. Agricultural Bank of China (ABoC) 

Agricultural Bank of China (ABoC) berada di rangking kedua sebagai bank terkaya di dunia. Awalnya, bank ini didirikan pemerintah komunis China untuk mendanai berbagai proyek pertanian di era Mao Zedong. 

ABoC kemudian semakin berkembang pesat seiring dengan kemajuan ekonomi China. Pendanaannya kini tak hanya berfokus pada sektor pertanian, namun meluas ke berbagai bidang. Bank ini memiliki 24.000 kantor cabang di seluruh dunia. Total aset bank ini yakni mencapai US$ 4 triliun. 






Source link