ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Tunda dulu rencana pergi ke China, ini alasannya. REUTERS/Aly Song

Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

ANTARAJATIM.NET – Beijing. Lebih baik, urungkan niat Anda jika ingin pergi ke China dalam waktu dekat ini. Pasalnya, China mewajibkan semua pendatang harus melakukan tes Covid-19 dengan swab anal.

Di sisi lain, banyak yang mengeluhkan tes Covid-19 dengan swab anal tersebut. Ada efek negatif yang membuat tidak nyaman pasca tes Covid-19 dengan swab anal.

Belum lama ini, pada Rabu (3/3/2021), sebuah laporan muncul yang berisi mandatori pemerintah China untuk para pelancong asing yang tiba di negerinya diwajibkan melakukan tes Covid-19 dengan swab anal.

Pemerintah China mengklaim bahwa tes swab anal memberikan tingkat akurasi lebih tinggi dibanding metode tes Covid-19 lainnya, menurut laporan Times Inggris. Kemudian Times Inggris mengabarkan seperti yang dilansir dari New York Post pada Rabu (3/3/2021), bahwa sebagai bagian dari syarat perjalanan baru, akan ada tes Covid-19 dengan swab anal di bandara Beijing dan Shanghai.

Baca juga: WHO: Saat ini kami tidak merekomendasikan paspor vaksin virus corona

Petugas medis penyakit pernapasan, Li Tongzeng, mengatakan bahwa swab anal lebih baik karena jejak virus corona tinggal lebih lama di sampe tinja, dari pada di hidung atau tenggorokan, media pemerintah China melaporkan. Mandatori tes Covid-19 dengan swab anal itu keluar, justru setelah Jepang meminta China untuk berhenti melakukan tes jenis itu kepada warga mereka.

Alasan Jepang adalah tes swab melalui anal dapat melukai mental seseorang. “Beberapa orang Jepang melaporkan ke kedutaan kami di China bahwa mereka menerima tes swab anal, yang menyebabkan sakit psikologis yang hebat,” kata Katsunobu Kato, kepala sekretaris kabinet Jepang dalam konferensi pers.

Namun, juru bicara Menteri Luar Negeri China, Wang Wenbin, melakukan pembelaan terhadap tes swab anal untuk diagnosis Covid-19 itu. Menurutnya, tes swab anal adalah “sesuai dengan perubahan situasi epidemi serta undang-undang dan peraturan terkait”.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “China Wajibkan Pelancong Asing Tes Covid-19 dengan Swab Anal”,

Penulis : Shintaloka Pradita Sicca
Editor : Shintaloka Pradita Sicca

 

 






Source link