ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM

5 Hal Penting yang Harus di Perhatikan Peternak

Untuk Menjaga Kesehatan Hewan Ternaknya

Kesehatan Hewan- Bagi Anda para peternak, sangat penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan hewan ternak yang Anda ternak selama ini. Karena dengan adanya ternak sehat dan baik, maka hewan yang selama ini Anda rawat akan memiliki kualitas yang baik dan unggul. Semakin tinggi kualitas hewan ternak Anda, maka semakin tinggi pula nilai jual hewan tersebut.

Nah, peternak mana sih yang tidak mau penjualan ternaknya mendapat keuntungan besar? Pasti rata-rata semua peternak menginginkan keuntungan yang besar dari hasil jerih payahnya ketika merawat hewan ternaknya.

Untuk menjaga kualitas hewan agar tetap sehat dan unggul tentunya agak berat dalam proses penjagaannya. Akan tetapi, semua usaha tentunya tidak akan mengkhianati hasil yang kita lakukan selama ini. Dan untuk menjaga kesehatan hewan ternak ini tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Maka dari itu, disini kita sama-sama sebagai peternak hewan yang baik, harus benar-benar membuat rencana atau mencari segala referensi terkait bagaimana cara untuk meningkatkan kesehatan hewan ternak kita. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ambil untuk memperhatikan kondisi hewan dengan cara seperti ini.

  • Pertama, sebagai peternak Anda harus memperhatikan pakan ternak yang Anda gunakan selama ini untuk kebutuhan asumsi hewan. Karena saat ini banyak sekali makanan atau pakan hewan berjenis basah atau kering. Biasanya hewan-hewan ternak yang kita miliki memiliki kekhususan dalam memilih makanan. Maka dari itu, Anda sebagai peternak yang baik sangat dianjurkan untuk memperhatikan makanan kesukaan hewan tersebut.

 

  • Kedua, jagalah kebersihan tempat istirahat atau kandang hewan ternak Anda secara rutin. Kandang ini berpengaruh dalam kelangsungan hidup hewan ternak Anda selama proses perkembangan. Maka dari itu, jika Anda tidak ingin hewan ternak Anda terhambat perkembangannya hanya karena masalah tempat kandang, maka Anda harus secara rutin membersihkan kandang tersebut.

 

  • Ketiga, berikan obat cacing sekaligus vitamin secara rutin terhadap hewan ternak. Pemberian obat pendukung yang menyehatkan ini memiliki manfaat untuk perkembangan hewan ternak Anda. Karena kita sebagai peternak tidak bisa merasakan kesakitan atau masalah tidak enak pada bagian tubuh, maka dianjurkan bagi Anda untuk memberikan penanganan melalui obat-obatan sehat tersebut. Tidak untuk setiap hari, hanya perlu jadwal baik untuk memberikan obat tersebut. Setelah Anda memberikan obat tersebut, otomatis kondisi hewan ternak Anda akan lebih membaik dan terlihat sehat.

 

  • Keempat, perhatikan ektoparasit. Ektoparasit ini merupakan jenis parasit yang hidup dengan menempel pada tubuh hewan ternak Anda. Seperti halnya serangga, kutu, dan sebagainya. Adanya kutu-kutu ini akan menghambat proses pertumbuhan hewan ternak Anda nantinya. Maka dari itu, dianjurkan bagi Anda untuk memandikan dan menggosok badan hewan ternak Anda secara rutin.

 

  • Kelima, lakukan cek kesehatan pada dokter hewan andalan Anda untuk memastikan keadaan hewan ternak Anda ini sehat atau tidak.

5 hal diatas bisa Anda praktikkan selama Anda menjadi peternak yang baik untuk hewan ternak Anda. Tidak harus pergi memanggil dokter spesialis hewan yang mahal untuk mengecek kondisi kesehatan hewan Anda.

Yang terpenting hanyalah perhatian khusus selama Anda merawatnya itu membawa pengaruh baik atau tidak bagi hewan ternak Anda. Semakin Anda gigih dalam merawatnya, maka semakin bagus juga kondisi hewan ternak Anda nantinya.

Halodoc adalah aplikasi yang menghubungkan praktisi kesehatan, seperti dokter, apotek, dan laboratorium langsung ke tangan pasien.