ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Direktur Utama PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) Bani Maulana Mulia

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) berencana menambah empat kapal di tahun 2021. Untuk merealisasikan rencana tersebut, perusahaan pun sudah menganggarkan dana belanja modal alias capital expenditure (capex) sebesar US$ 50 juta.

Pendanaan untuk capex tersebut berasal dari gabungan dana internal perusahaan dan fasilitas pinjaman bank yang dimiliki SMDR. 

Direktur Utama SMDR Bani Maulana Mulia mengatakan, penambahan kapal perlu dilakukan perusahaan karena tingkat ulitisasi armada Samudera Indonesia kini sudah di atas 90%.

“Tahun ini rencana menambah lagi empat kapal,” kata dia saat dihubungi ANTARAJATIM.NET, Jumat (5/3).

Pada tahun 2020, anggota indeks Kompas100 ini, menambah 4 unit kapal baru. Perusahaan pun sempat akan menambah satu kapal lagi namun tersebut tertunda dan bergeser pada tahun 2021. Hal tersebut dilakukan karena SMDR berhati-hati dan lebih memperhatikan penyesuaian permintaan di pasar.

Baca Juga: Ini dampak kenaikan harga minyak bagi Samudera Indonesia (SMDR)

Namun demikian, Bani menegaskan, target penambahan kapal di tahun ini akan dijalankan karena memang dibutuhkan oleh perusahaan.

Ia melanjutkan, pada 2020 lalu, wabah Covid-19 mengikis volume angkutan armada, hanya saja dari bisnis pelayaran masih memberikan kontribusi pendapatan yang cukup baik.

Penambahan kapal ini dipastikan dapat mengerek kinerja perusahaan. “Sementara untuk target peningkatan revenue, ada di double digit. Kami juga memiliki banyak kontrak yang sedang diincar namun belum bisa disampaikan. Namun hampir semuanya adalah kontrak pelanggan premium,” sebutnya.

Berdasarkan laporan keuangan SMDR, pada kuartal III-2020 perusahaan berhasil membalik keadaan dari rugi senilai US$ 21,44 juta di kuartal III-2019, menjadi laba US$ 5,26 juta. 

Hal tersebut didorong oleh pendapatan SMDR yang meningkat 13,40% menjadi US$ 362,09 juta pada periode Januari-September 2020. 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link