ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. China telah menyetujui penggunaan 3 obat tradisional untuk pengobatan Covid-19.

Sumber: CNN | Editor: Khomarul Hidayat

ANTARAJATIM.NET – BEIJING. China telah memberi persetujuan tiga produk obat tradisional China atau yang lebih dikenal dengan traditional Chinese medicine (TCM) untuk dijual untuk membantu mengobati Covid-19. Demikian pengumuman Badan Produk Medis Nasional China pada Rabu lalu (3/3).

Badan tersebut menggunakan prosedur persetujuan khusus untuk memberi lampu hijau pada tiga produk obat tradisional, yang memberikan lebih banyak pilihan untuk pengobatan Covid-19.

“Produk herbal tersebut datang dalam bentuk butiran dan dilacak asal-usulnya ke resep China kuno,” sebut pernyataan Badan Produk Medis Nasional China seperti dikutip CNN, Jumat (5/3).

Mereka dikembangkan dari pengobatan TCM yang telah digunakan pada awal pandemi, namun produk tersebut telah disaring oleh banyak akademisi dan ahli di garis depan.

Baca Juga: Heboh! WHO akan batalkan laporan sementara penyelidikan asal usul Covid-19

Ketiga produk TCM tersebut adalah butiran pembersih paru-paru dan detoksifikasi, butiran pengurai kelembaban dan detoksifikasi, dan butiran pendifusi dan detoksifikasi paru-paru.

Keamanan dan efektivitas TCM masih diperdebatkan di China. Meskipun banyak pengobatan di TCM telah digunakan selama ratusan tahun, kritikus berpendapat bahwa tidak ada bukti ilmiah yang dapat diverifikasi untuk mendukung manfaat yang diharapkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pengobatan kuno telah berulang kali dielu-elukan sebagai sumber kebanggaan nasional oleh Presiden China Xi Jinping, yang juga seorang pendukung TCM terkenal.

“Pengobatan tradisional adalah harta peradaban Tiongkok yang mewujudkan kebijaksanaan bangsa dan rakyatnya,” kata Xi dalam konferensi nasional di TCM pada Oktober 2019.

Selama wabah, Xi berulang kali mendesak para dokter untuk merawat pasien dengan campuran obat China dan Barat.

Puluhan ribu pasien Covid-19 menerima pengobatan herbal bersama dengan obat antivirus utama tahun lalu, menurut Kementerian Sains dan Teknologi China.

“Dengan menyesuaikan kesehatan seluruh tubuh dan meningkatkan kekebalan, TCM dapat membantu merangsang kemampuan pasien untuk melawan dan pulih dari penyakit, yang merupakan cara terapi yang efektif,” kata Yu Yanhong, wakil kepala Badan Pengobatan Tradisional Cina Nasional China pada Maret 2020 silam.

Dalam uji klinis terhadap 102 pasien dengan gejala ringan di Wuhan, pasien dengan perawatan gabungan dibandingkan dengan kelompok kontrol pasien yang hanya menerima pengobatan Barat, kata Yu, tingkat pemulihan mereka 33% lebih tinggi.

Baca Juga: Tak ada gejala khas jika terpapar virus corona B.1.1.7, begini penjelasan Kemenkes






Source link