ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada mitra pengemudi Gojek kategori lanjut usia di kawasan Kemayoran, Jakarta, Rabu (3/3/2021). ANTARAJATIM/Fransiskus Simbolon

Reporter: Hasbi Maulana | Editor: Hasbi Maulana

ANTARAJATIM.NET – Jakarta. Sejak 17 Februari 2021 lalu, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sudah masuk pada Tahap 2 dengan target kelompok Lanjut Usia alias lansia (usia 60 tahun keatas) dan Pekerja Publik.

Vaksinasi untuk target kelompok ini, termasuk lansia, dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi untuk seluruh provinsi di Indonesia.

Mengutuip laman resmi Satgas Covid-19 (https://covid19.go.id/p/berita/mekanisme-pendaftaran-vaksinasi-masyarakat-lanjut-usia-60-tahun-ke-atas), dalam fase awal diprioritaskan dahulu untuk Jawa dan Bali, wilayah lebih dari 65 persen kasus Covid-19 nasional tercatat.

Melalui fasilitas kesehatan masyarakat baik di Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah

Skema Pendaftaran Lansia Berbasis Faskes

Peserta mendaftar dengan mengunjungi situs resmi Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan sehatnegeriku.kemkes.go.id, serta situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id.

Di ketiga situs resmi tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lansia.

Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi.

Dalam mengisi data tersebut, peserta vaksinasi lansia dapat meminta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT atau RW setempat.

Setelah peserta mengisi data di situs tersebut, seluruh data peserta vaksinasi Lansia akan masuk ke Dinas Kesehatan provinsi masing-masing.

Selanjutnya Dinas Kesehatan akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

Melalui program vaksinasi massal oleh organisasi dan instansi

Skema Pendaftaran Lansia secara Massal

Organisasi atau instansi dapat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan untuk melakukan vaksinasi massal untuk peserta lanjut usia.

Organisasi dan instansi yang sudah menjalin kerjasama akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta lokasi pelaksanaan vaksinasi, kepada masyarakat lanjut usia.

 

LINK PENDAFTARAN VAKSINASI LANSIA

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link