ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Harga minyak telah melonjak lebih tinggi pagi ini setelah pemberontak Houthi yang didukung Iran melancarkan serangan terkoordinasi terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. REUTERS/Maxim Shemetov

Sumber: Arab News | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ANTARAJATIM.NET – RIYADH. Harga minyak mentah berjangka Brent melonjak ke atas level US$ 70 per barel pada hari Senin (8/3/2021) untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 dimulai. Sementara itu, harga minyak mentah AS (WTI) menyentuh level tertinggi dalam lebih dari dua tahun. 

Data yang dihimpun Reuters menunjukkan, harga minyak Brent untuk pengantaran Mei mencapai US$ 71,16 per barel di awal perdagangan Asia dan berada di US$ 70,76 per barel pada 0036 GMT, naik US$ 1,40, atau 2%. 

Adapun minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengantaran April naik US$ 1,32, atau 2%, menjadi US$ 67,41 per barel. Harga WTI bulan depan menyentuh US$ 67,86 per barel, tertinggi sejak Oktober 2018.

“Harga minyak telah melonjak lebih tinggi pagi ini setelah pemberontak Houthi yang didukung Iran melancarkan serangan terkoordinasi terhadap fasilitas minyak Arab Saudi dan pangkalan militer,” kata Stephen Innes, kepala strategi pasar global di Axi dalam sebuah catatan seperti yang dilansir Reuters.

Baca Juga: Houthi tembak rudal ke fasilitas Saudi Aramco di Jeddah, hantam tangki penyimpanan

Sebuah pelabuhan minyak utama dan fasilitas pemukiman milik Saudi Aramco diserang oleh pesawat tak berawak dan rudal balistik di Arab Saudi timur pada Minggu (7/3/2021).

Melansir Arab News, Kementerian Energi Arab Saudi mengatakan, sebuah kapal tangki minyak di Pelabuhan Ras Tanura, salah satu pelabuhan pengiriman minyak terbesar di dunia, diserang dengan pesawat tak berawak di pagi hari. Drone itu datang dari arah laut.

Baca Juga: Capai rekor tertinggi dalam setahun, harga minyak WTI melesat 9% di minggu lalu

Pada malam hari, pecahan peluru dari rudal balistik jatuh di dekat daerah pemukiman Saudi Aramco di Dhahran di mana ribuan karyawan lokal dan internasional perusahaan dan keluarga mereka tinggal.






Source link