ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Stres adalah salah satu kondisi yang dialami banyak orang. Memang benar bahwa hidup seseorang sulit untuk terlepas dari stres sepenuhnya. Namun, ada banyak cara menghilangkan stres yang perlu Anda coba.

Tujuannya agar gejala stres tidak terus terjadi sehingga kondisi kesehatan secara keseluruhan bisa tetap terjaga. Jika dibiarkan, stres bisa menyebabkan depresi dan gangguan kesehatan lain. Jika hal itu terjadi, Anda membutuhkan perawatan medis supaya masalah kesehatan bisa sembuh dengan cepat.

Ada berbagai macam cara mengatasi stres yang bisa Anda coba. Mulai dari rajin olahraga, menghirup aromaterapi, atau mengubah pola hidup yang lain. Dengan melakukan kegiatan itu secara rutin, stres bisa Anda kelola dengan baik.

Kurangi Konsumsi Kafein

Bagi sebagian orang, mengonsumsi kafein adalah hal wajib yang perlu dilakukan setiap hari. Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein ternyata bisa membuat stres Anda semakin parah, lo. Umumnya, batas normal mengonsumsi kafein, seperti kopi, adalah lima gelas tiap hari.

Namun, setiap orang memiliki batas wajar yang berbeda-beda. Jika Anda mendapati diri Anda sendiri merasa gugup atau cemas setelah mengonsumsi kafein, segera kurangi atau bahkan hentikan konsumsi kafein. Dengan begitu, ciri-ciri stres bisa berkurang.

Baca Juga: Masih perlu alasan untuk tidur siang? Catat 10 manfaat berikut

Olahraga

Mengutip dari Healthline (healthline.com), cara efektif menghilangkan stres adalah dengan melakukan olahraga. Saat olahraga, jumlah hormon stres dapat berkurang. Di sisi lain, jumlah hormon kortisol yang memperbaiki mood atau perasaan Anda bertambah.

Editor: Belladina Biananda



Source link