ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – Jakarta. Demam merupakan salah satu efek samping yang terjadi setelah vaksinasi, termasuk setelah suntik vaksin Covid-19. Pusat kesehatan penyakit menular di Amerika Serikat (CDC) menyarankan untuk konsumsi makananan tertentu guna mengurangi efek samping pasca vaksin Covid-19 seperti demam.

Vaksin Covid-19 di Indonesia sudah diberikan ke sekitar 4 juta orang per 7 Maret 2021. Sejauh ini, vaksin Covid-19 hanya menimbulkan efek samping ringan seperti demam. Konsumsi makanan tertentu bisa meminimalkan efek samping vaksin Covid-19 berupa demam.

Dikutip dari situs Covid19.go.id, Satgas Covid-19 mencatat hingga 7 Maret 2021, vaksin Covid-19 gelombang pertama yang diberikan untuk tenaga kesehatan sudah mencapai 2.888.757 orang. Sedangkan vaksin Covid-19 gelombang kedua untuk petugas publik dan lansia sudah mencapai 1.133.787 orang.

Hingga sejauh ini belum ada efek samping berbahaya pasca vaksin Covid-19. Efek samping yang ada hanya bersifat ringan dan menjadi tanda bahwa vaksin Covid-19 sedang bekerja untuk membentuk antibodi dalam tubuh.

Salah satu efek samping yang sering dialami setelah mendapatkan vaksin Covid-19 adalah demam dan nyeri badan. Kabar baiknya, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu untuk meringankan efek samping tersebut.

Baca juga: Mutasi virus corona B.1.1.7 masuk Indonesia, ini yang harus dilakukan masyarakat

Menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), vaksin Covid-19 bisa menyebabkan beberapa efek samping. Efek samping ini terjadi karena adanya peradangan di dalam tubuh.

Tubuh bereaksi terhadap lonjakan protein dan bekerja untuk melawan infeksi. Demam, nyeri lengan, nyeri tubuh adalah beberapa gejala umum saat sistem kekebalan sedang bereaksi melawan penyebab infeksi.

Oleh karena itu, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mempercepat pemulihan pasca Covid-19.
 



Source link