ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Siapa yang gemar membaca? Ternyata, ada banyak manfaat membaca yang bisa Anda dapat, lo. Karena itu, usahakan untuk membiasakan diri membaca setiap hari. Kebiasaan itu tidak hanya menambah wawasan Anda, tapi juga memiliki pengaruh baik lainnya.

Mengutip dari Life Hack (lifehack.org), membaca dapat memberikan informasi apa pun. Hal itu dapat membuat Anda lebih siap dalam menghadapi berbagai macam hal di kehidupan. Bahkan, pengetahuan yang Anda dapat bisa Anda bagi ke orang lain.

Salah satu trik supaya memiliki kebiasaan membaca adalah pilih buku yang sesuai dengan selera Anda. Misalnya, Anda suka membaca cerita fiksi. Pilihlah buku fiksi dengan genre yang Anda sukai. Dengan begitu, manfaat gemar membaca bisa Anda dapat seiring dengan berjalannya waktu.

Mengurangi Stres

Tahukah Anda bahwa membaca dapat mengurangi stres yang sedang Anda alami? Membaca buku atau bentuk informasi yang lain dapat mengalihkan perhatian Anda dalam kehidupan nyata. Artinya, pikiran Anda yang stres dan tegang bisa mengendur. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilih bacaan yang tepat.

Baca Juga: ​5 Hal produktif yang bisa dilakukan di rumah

Menambah Kosakata

Semakin banyak buku yang Anda baca, semakin bertambah pula kosakata yang Anda miliki. Anda cenderung lebih mahir dalam berbicara ketika memiliki banyak kosakata. Hal itu sangat berpengaruh dalam kehidupan pribadi Anda, baik di sekolah ataupun di tempat kerja.

Secara tidak langsung, manfaat membaca itu juga bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda. Anda akan dikenal di lingkungan Anda sebagai seseorang dengan wawasan yang luas. Selain itu, membaca buku juga bisa jadi jalan masuk mempelajari bahasa baru.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Sehubungan dengan poin sebelumnya, semakin banyak kosakata yang Anda miliki, semakin baik pula kemampuan menulis Anda. Tentu saja manfaat membaca tersebut berpengaruh baik pada kualitas Anda di sekolah atau tempat kerja.

Baca Juga: Ini alasan kenapa membaca buku harus jadi kebiasaan

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis

Manfaat membaca berikutnya adalah meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir analitis. Anda menjadi lebih mudah untuk menggabungkan detail-detail dari suatu masalah. Dengan begitu, Anda menjadi lebih mudah pula dalam mencari jalan keluar.

Mencegah Demensia

Salah satu manfaat membaca adalah mencegah demensia dan penyakit alzheimer.

Mengutip dari Life Hack, salah satu manfaat membaca buku adalah mencegah demensia dan penyakit alzheimer. Kebiasaan itu dapat menjaga aktivitas otak sehingga energinya tidak hilang. Semakin sering dilatih, fungsi otak menjadi lebih kuat sehingga penyakit-penyakit tersebut bisa dicegah.

Editor: Belladina Biananda



Source link