ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – Microsoft akhirnya resmi meninggalkan dukungan untuk Microsoft Edge “non-Chromium” mulai Selasa (9/3/2021). Dengan demikian, Microsoft Edge “non-Chromium” tidak akan mendapatkan update terbaru di masa yang akan datang.

Bagi sebagian orang yang menggunakan lapto atau PC, browser menjadi aplikasi yang sangat dibutuhkan. Baik untuk membantu menyelesaikan pekerjaan tertentu hingga sekedar untuk browsing hal-hal yang menarik untuk diikuti.

Microsoft lewat sistem operasi (OS) Windows telah menyiapkan browser bawaan, yakni Microsoft Edge. Microsoft Edge ini hadir sebagai pengganti dari Internet Explorer 11, browser bawaan OS Windows.

Lambat laun, Microsoft gantikan Internet Explorer 11 dengan Microsoft Edge. Seiring dengan berjalannya waktu, Microsoft melakukan upgrade Edge dengan engine chromium, seperti yang digunakan pada Google Chrome.

Dengan pembaruan tersebut, Microsoft Edge lawas kini disebut sebagai “Legacy Edge“. Ya, jadi Microsoft Edge dibagi menjadi dua veris, yakni yang terbaru berbasis chromium, sementara yang jadul masih ada dan masih bisa digunakan.

Namun demikian, Microsoft akhirnya resmi meninggalkan dukungan untuk browser jadul tersebut. Mengutip dari TheVerge.com, menurut timeline yang diumumkan Microsoft, akhir hidup dari Legacy Edge berakhir pada tanggal 9 Maret 2021.

Artinya mulai tanggal tersebut, Microsoft Edge versi jadul sudah tidak lagi menerima pembaruan. Mulai dari fitur, optimasi hingga update keamanan pada browser tersebut.

Bukan hanya Microsoft saja yang meninggalkan dukungan untuk Legacy Edge. WhatsApp Web juga secara resmi sudah tidak bisa lagi diakses lewat Microsoft Edge jadul.

WhatsApp Web Microsoft Edge Legacy

Nah, apabila Anda masih menggunakan Microsoft Edge jadul mungkin bisa beralih ke browser lain yang masih mendapatkan pembaruan. Anda juga masih bisam enggunakan browser Microsoft Edge berbasis chromium yang terbaru ini. 

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan pengalaman berselancar di internet dengan maksimal.

 

 



Source link