ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – Cara membersihkan pembuluh darah perlu Anda lakukan supaya aliran darah tidak tersumbat. Dengan begitu, kolesterol yang menumpuk dan membentuk plak bisa dicegah.

Sebenarnya, plak dalam pembuluh darah tidak bisa benar-benar Anda hilangkan. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan usahan apapun.

Beberapa cara bisa Anda praktikkan supaya penumpukan plak tidak semakin parah. Jika kolesterol terus menumpuk di pembuluh darah, sel darah putih akan datang untuk mengatasi kondisi itu.

Masalahnya, datangnya sel darah putih untuk melawan kolesterol bisa menyebabkan inflamasi. Saat inflamasi terjadi dan sel darah putih ikut menumpuk, pembuluh darah menjadi lebih tersumbat.

Kondisi itu berisiko menimbulkan serangan jantung dan masalah kesehatan yang lain. Maka dari itu, cara melancarkan pembuluh darah yang tersumbat perlu Anda coba supaya kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa terjaga.

Baca Juga: Minum air rebusan daun jati belanda bermanfaat menurunkan kolesterol

Olahraga secara rutin

Cara membersihkan pembuluh darah yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Jika Anda belum terbiasa melakukannya, Healthline merekomendasikan Anda untuk mencoba berjalan selama satu hingga dua kali dalam seminggu.

Jika Anda sudah terbiasa dengan jadwal itu, tingkatkan frekuensi olahraga. Seiring berjalannya waktu, usahakan untuk olahraga minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam satu minggu.

Bila perlu, konsultasikan dengan dokter tentang jenis olahraga apa yang cocok dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Yuk, waspadai 4 gejala awal stroke yang umum terjadi ini

Editor: Belladina Biananda



Source link