ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Penjualan lahan PT AKR Corpindo Tbk (AKRA) tahun ini sepertinya bakal moncer. Belum genap kuartal pertama berakhir, perusahaan dipastikan bakal mengantongi penjualan sebidang lahan di Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE) di Gresik, Jawa Timur.

“Ada satu pembeli besar, kami yakin membukukan penjualan kuartal pertama ini. Luasnya 14 hektare (ha),” ujar Suresh Vembu, Direktur Keuangan AKRA kepada ANTARAJATIM.NET, Jumat (12/3).

AKRA tahun ini menargetkan penjualan lahan 30 ha-35 ha di kawasan industri tersebut. Artiya, AKRA telah mengamankan sekitar 46% dari target penjualan lahan hingga akhir tahun.

Suresh belum merinci nilai realisasi penjualan tersebut. “Karena kalau harga tergantung dengan negosiasi,” imbuhnya.

Baca Juga: Simak rekomendasi saham HMPS, AKRA, BBTN untuk Selasa (9/3)

Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) belum lama ini menyetujui pembentukan dua KEK baru, salah satunya JIIPE. Pengukuhan KEK ini tinggal menanti persetujuan lebih lanjut dari Presiden Joko Widodo (Jokowi)

KEK akan meningkatkan permintaan lahan industri seiring dengan banyaknya insentif dalam kawasan tersebut. Melihat potensi ini, tak menutup kemungkinan penjualan lahan di JIIPE akan melampaui target.

Belum lagi dari bisnis sewa lahan industri. Dalam waktu dekat, AKRA bakal memperoleh sewa lahan dari sebuah perusahaan yang lokasinya tidak jauh dengan smelter tembaga milik Freeport yang tengah dibangun.



Source link