ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Di tahun 2021, produk sepatu buatan UMKM Indonesia akan mendominasi di pasar lokal. Ramalan itu diungkapkan oleh Denis Juharman, yang merupakan salah satu influencer di Tanah Air

Hal ini kata dia, didorong oleh meningkatnya kesadaran masyarakat atau konsumen di Indonesia untuk bangga memakai produk-produk buatan lokal. 

“Sekarang ini saya melihat sudah semakin banyak masyarakat kita yang mau memakai produk buatan Indonesia, sudah semakin banyak yang bangga akan produk kita dan karena adanya dorongan ini, saya menilai produk sepatu buatan UMKM Indonesia akan mendominasi di pasar lokal kita di tahun 2021 ini,”ujarnya dalam Webinar: Bersebelas #MelangkahBareng Tokopedia yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (12/3/2021). 

Menurut Denis, para pemain lokal di industri sepatu bukan lagi hanya memamerkan brandnya. Tapi lebih dari itu, para UMKM sudah lebih memikirkan bagaimana caranya untuk meningkatkan kualitas dan meningkatan kreativitasnya. 

Baca Juga: Kejar target 500.000 eksportir baru, Shopee kolaborasi dengan Sekolah Ekspor

Memang sejauh ini, kata dia, sepatu merek lokal buatan UMKM Indonesia, sudah tidak kalah saing dengan brand-brand yang berasal dari luar negeri. 

Dia juga menjelaskan, jenis sepatu brand lokal yang ke depannya banyak diincar masyarakat adalah jenis sepatu yang memiliki bahan material yang bagus serta memiliki warna yang lebih eye catching atau yang menarik perhatian.   

“Karena jika dibandingkan dengan produk merek luar, sepatu lokal yg memiliki material yang bagus dan warna yang enak dilihat dan eye catching, tidak akan kalah saing,” ucapnya. 

Baca Juga: Ekonomi digital semakin subur, pengguna dan penjual di Tokopedia terus bertambah

Sementara itu Founder Never Too Lavish Bernhard Suryanigrat mengatakan, selain sepatu yang mengutamakan material dan pemilihan warna yang eye catching, sepatu yang menyematkan teknologi dan mengutamakan banyak model, juga menjadi perhatian banyak konsumen. 

“Karena apa? sekarang orang itu sudah banyak mengenal orang dari sepatunya, bahkan lebih terkenal sepatunya daripada orangnya, makanya tren yang kayak gini sangat akan meningkat lagi, inovasinya, model sepatunya, warna sepatunya bisa lebih dieksplor lagi biar bisa menarik perhatian,” ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Sepatu Buatan UMKM Indonesia Diprediksi akan Mendominasi Pasar Lokal di 2021”
Penulis : Elsa Catriana
Editor : Bambang P. Jatmiko

 

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie



Source link