ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – Google segera membatasi pengguna Google Meet versi gratis untuk melakukan panggilan video call grup. Resmi, mulai 1 April pengguna Google Meet versi gratis hanya bisa lakukan panggilan dengan durasi maksimal 1 jam.

Sejak pandemi Covid-19 melanda berbaga wilayah di penjuru dunia, kegiatan berkumpul termasuk meeting mulai dihindari. Meskipun demikian, kegiatan tersebut untungnya masih bisa dilakukan memanfaatkan teknologi saat ini.

Ya, lewat cangghinya teknologi masa kini, kita bisa melakukan rapat secara online dengan bantuan aplikasi. Seperti yang kita ketahui, terdapat beberapa aplikasi yang membantu memberikan fasilitas untuk melakukan kegiatan rapat online.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Google Meet yang memberikan layanan kemudahan untuk melakukan rapat secara daring. Namun demikian, Google Meet sebentar lagi bakal membatasi pengguna Gmail versi gratis.

Google Meet sendiri sejatinya bisa diakses secara gratis, namun untuk layanan yang lebih lengkap, Anda perlu berlangganan paket tertentu.

Pengguna Google Meet versi gratis tetap bisa menggunakan beberapa layanan, namun dengan batasan tertentu. Seperti pembatasan panggilan grup, mulai tanggal 1 April 2021 mendatang durasi rapat yang diperbolehkan maksimal hanya 1 jam.

Ini juga telah diperpanjang Google sejak diumumkan tahun lalu, bahwa perpanjangan layanan panggilan gratis tanpa batas berakhir pada tanggal 31 Maret 2021. Awalnya Google sendiri merencanakan bahwa layanan panggilan gratis tanpa batas di Google Meet berakhir pada 30 September 2020.

Namun dengan segala komitmen dan keputusan yang diambilnya, Google memperpanjang hingga 31 Maret 2021. 

Google Meet - Breakout Rooms

Apabila Anda ingin mendapatkan layanan Google Meet secara penuh, harus mempersiapkan dana $8 dolar AS per bulan untuk berlangganan Google Workspace Essentials. Tetapi, apabila Anda hanya ingin menggunakan Google Meet dengan email gratis, panggilan tak terbatas bakal dibatasi hanya 1 jam mulai bulan depan.

Mumpung masih gratis, nikmati layanan tersebut hingga akhir bulan Maret ini.

 

 



Source link