ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Ketua Berkshire Hathaway Warren Buffett berjalan melalui ruang pameran ketika pemegang saham berkumpul untuk mendengar dari investor miliarder pada pertemuan pemegang saham tahunan Berkshire Hathaway Inc di Omaha, Nebraska, AS, 4 Mei 2019.

Sumber: Inc. | Editor: Noverius Laoli

ANTARAJATIM.NET –  CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, yang berusia 91 tahun pada Agustus 2021 mendatang tetap aktif dan menjadi rujukan para investor di seluruh dunia.

Pasalnya, di usia yang terbilang sudah tua ini, dimana kebanyakan orang telah sepenuhnya mundur dari kegiatan usaha mereka, Buffett malah masih menarik perhatian dunia sebagai orang terkaya kelima di planet ini.

Warren Buffett merupakan investor terhebat pada generasi ini telah berhasil mengumpulkan jutaan pengikut dan belajar dari caranya berinvestasi. Nasihat-nasihat investasinya yang telah memberikan kesuksesan jangka panjang kepadanya baik dalam berinvestasi maupun dalam kehidupan dikagumi banyak orang.

Baca Juga: Cara Bill Gates dan Warren Buffett tetap optimistis ketika segalanya tampak buruk

Berikut adalah empat pelajaran dari Buffett yang dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang.

1. Menguasai praktik batasan (boundaries)

Dengan semua tuntutan padanya setiap hari, Buffett telah lama belajar bahwa komoditas terbesar dari semuanya adalah waktu. Dia hanya menguasai seni dan praktik menetapkan batasan untuk dirinya sendiri. Itulah mengapa kutipan Buffett ini tetap menjadi pelajaran hidup yang ampuh. 

“Perbedaan antara orang sukses dan orang yang benar-benar sukses adalah bahwa orang yang benar-benar sukses berkata tidak pada hampir semua hal,”.

Nasihat Buffett sangat tepat untuk hati nurani kita. Kita harus tahu apa yang harus kita bidik untuk menyederhanakan hidup kita. Itu berarti mengatakan tidak berulang kali untuk hal-hal tidak penting yang terbang ke arah kita setiap hari dan tetap fokus untuk mengatakan ya pada beberapa hal yang benar-benar penting.

Baca Juga: Saham Berkshire Melaju, Nilai Kekayaan Buffet Melonjak hingga US$ 100 Miliar

2. Berinvestasilah dalam pengembangan pribadi Anda

Aset apa yang sebaiknya Anda investasikan? Dalam sebuah wawancara tahun 2019, Buffett berkata:

“Sejauh ini investasi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah pada diri Anda sendiri.”

Seperti yang berulang kali diajarkan Buffett kepada kita, itu berarti tidak pernah berhenti memperoleh pengetahuan-jenis pengetahuan yang menjadikan diri Anda lebih baik sebagai pribadi seutuhnya, bukan hanya sebagai investor.

Pengejaran seumur hidup Buffett untuk belajar, yang dia bagikan dengan mitra dan kolega Berkshire Hathaway lamanya, Charlie Munger, adalah saus rahasia kesuksesannya.






Source link