ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Harga emas menguat lagi

Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

ANTARAJATIM.NET – SINGAPURA. Harga emas naik pada hari ini usai pengesahan RUU stimulus Amerika Serikat (AS) yang memicu risiko inflasi. Namun, yield US Treasury yang tetap menguat membuat penguatan emas tertahan. 

Senin (15/3) pukul 09.00 WIB, harga emas spot naik 0,3% menjadi US$ 1.732,02 per ons troi. Serupa, harga emas berjangka AS untuk kontrak pengiriman April 2021 juga melesat 0,7% menjadi US$ 1.730,90 per ons troi.

Penguatan emas cenderung tertahan usai yield US Treasury tenor 10 tahun bergerak di level tertingginya dalam lebih dari 1 tahun setelah berlanjutnya optimisme ekonomi AS usai disahkannya UU paket stimulus senilai US$ 1,9 triliun di akhir pekan lalu.

Paket stimulus jumbo tersebut juga menimbulkan kekhawatiran inflasi. Terlebih, harga produsen AS meningkat tajam di bulan Februari, yang mengarah ke perolehan tahunan terbesar dalam hampir 2,5 tahun.

Baca Juga: Harga minyak kompak menguat, Brent kembali mendekati US$ 70 per barel pada hari ini

Sementara itu, data tenaga kerja AS pun memuaskan. Di mana, jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim pengangguran baru turun, terendah dalam empat bulan di pekan lalu, 

Investor diharapkan masuk ke ekuitas, sambil menarik uang keluar dari emas dan obligasi hingga 10 Maret lalu. Hal ini berdasarkan data dari BofA Global.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link