ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Aneka Tambang. REUTERS/Yusuf Ahmad/File Photo

Reporter: Dityasa H. Forddanta | Editor: Tendi Mahadi

ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) memperpanjang tenor fasilitas kredit dari BTPN senilai US$ 40 juta atau setara sekitar Rp 572 miliar menjadi 8 April mendatang. Utang ini seharusnya jatuh tempo Januari kemarin.

Padahal, ANTM memiliki kas dan setara kas senilai Rp 3,98 triliun per akhir 2020. Jika mengukur pos keuangan ini, ANTM memiliki kemampuan untuk melunasi pinjaman yang setara sekitar Rp 572 miliar tersebut.

SVP Corporate Secretary ANTM Kunto Hendrapawoko menyebut, utang yang tenornya diperpanjang itu merupakan kredit modal kerja. “Fasilitas ini dapat diperpanjang secara otomatis sesuai kebutuhan kredit modal kerja yang tertuang dalam perjanjian kredit, sepanjang masih dibutuhkan dan dalam tenor fasilitas tersebut,” terang Kunto kepada ANTARAJATIM, Rabu (17/3).

Baca Juga: Berkurang satu, masih ada 16 emiten yang belum penuhi free float minimum 7,5%

Secara kas, memang cukup. Tapi, ANTM tetap butuh kredit modal kerja sebagai salah startegi untuk mengatur arus kas.

Kredit modal kerja tetap dibutuhkan untuk mendukung operasional ANTAM terutama untuk menunjang produksi komoditas utama perusahaan, yakni nikel, bauksit, dan emas sehingga dapat berjalan dengan optimal. 

“Strategi kredit modal kerja dijalankan sebagai cash buffer untuk kelancaran operasional rutin ANTM semata,” imbuh Kunto.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link