ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Penyaluran pupuk Petrokimia Gresik

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

ANTARAJATIM.NET –¬†JAKARTA. Petrokimia Gresik kembali meluncurkan program Kampung Sehat 2021 di Gresik. Ini dirilis sekaligus dalam rangka peringatan 10 Tahun Kampung Sehat.

Pada tahun ini, Petrokimia Gresik menggulirkan anggaran Rp1,4 miliar untuk Kampung Sehat dengan target penerima manfaat 20.000 orang.

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengungkapkan bahwa selama satu dekade ini tercatat 179.394 orang penerima manfaat dari program Kampung Sehat Petrokimia Gresik sepanjang tahun 2011 hingga 2020, dengan total anggaran Rp13,4 miliar.

Penerima manfaat ini jumlahnya sekitar 13,8% dari total penduduk Kabupaten Gresik yang mencapai lebih dari 1,3 juta.

Baca Juga: Petrokimia Gresik ungkap dampak kenaikan harga minyak dunia ke bahan baku pupuk

“Program ini bermanfaat bagi kesehatan masyarakat sekitar perusahaan. Kegiatan CSR ini akan terus kami selaraskan dengan program Pemerintah Kabupaten Gresik sehingga penerima manfaatnya bisa semakin banyak lagi,” kata Dwi Satriyo dalam keterangan resminya, Kamis (18/3).

Program Kampung Sehat ini bekerja sama dengan PT Petro Graha Medika dan menunjuk RS Grha Husada sebagai operator untuk delapan desa/kelurahan sekitar perusahaan, yaitu Desa Roomo, Kelurahan Tlogopojok, Lumpur, Kroman, Karangturi, Karangpoh, Sukorame, dan Kelurahan Ngipik.

Dwi Satriyo menjelaskan, perumusan program Kampung Sehat dilaksanakan bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Puskesmas Nelayan, Puskesmas Industri, Puskesmas Alun-alun, Puskesmas Sukomulyo, Lurah/Kepala Desa sekitar perusahaan, serta masukan dari masyarakat sekitar perusahaan sebagai penerima program.

Sejak tahun 2011 hingga tahun 2017, program Kampung Sehat masih berfokus pada kegiatan kuratif kesehatan dengan program penyediaan layanan kesehatan dasar seperti pengobatan gratis, khitan, operasi katarak, fogging dan berbagai kegiatan lain.

Baca Juga: Dukung riset anak bangsa, Petrokimia Gresik beli 10 unit GeNose C19

Selama setahun penuh Petrokimia Gresik mengedukasi masyarakat tentang berbagai informasi pencegahan penyakit dan penanggulangan kegawatdaruratan di rumah. Kemudian sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini perumusan program mengacu pada Indikator Keluarga Sehat (IKS) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Salah satu optimalisasi program Kampung Sehat di tengah pandemi ini dilakukan melalui kompetisi “Kampung Dambaan Bebas Covid-19” untuk delapan desa/kelurahan sekitar perusahaan.

Menurut Dwi Satriyo, kegiatan ini selaras dengan tugas Petrokimia Gresik sebagai Koordinator Satgas Tanggap Covid-19 BUMN Jawa Timur.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link