ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Sejumlah produsen mobil mengumumkan penarikan beberapa produknya di Indonesia. Salah satunya adalah PT Toyota Astra Motor (TAM). REUTERS/Pascal Rossignol

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Sejumlah produsen mobil mengumumkan penarikan beberapa produknya di Indonesia. Salah satunya adalah PT Toyota Astra Motor (TAM). 

Toyota ikut mengumumkan recall atau penarikan beberapa produknya di Indonesia, termasuk dua model yang diproduksi oleh Daihatsu, yakni Rush dan Avanza. 

Henry Tanonto, Vice President Director PTA TAM mengatakan, recall dilakukan sebagai upaya bekelanjutan untuk menjamin kualitas produk, keamanan, dan keselamatan pelanggan. 

“Sejalan dengan initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan,” ucap Henry dalam keterangan resminya, Kamis (18/3/2021).

Terkait recall yang dilakukan Toyota, kasusnya sama dengan Daihatsu, yakni terkait fuel pump. Masalah ini pun sebenarnya sudah berjalan sejak Juli 2020 pada beberapa jajaran produknya. Kali ini, berdasarkan hasil pengecekan, Toyota memperluas cakupan model-modelnya yang terkena imbas recall dengan masalah fuel pump tersebut. 

Baca Juga: Daihatsu recall 97.290 unit mobil Xenia, Terios, dan Sirion

Mulai dari Alphard keluaran 2017-2019, C-HR produksi 2018-2019, Corolla produksi 2019, Camry 2019, Voxy 2018-2019, Innova 2018-2019, Fortuner 2018-2019, Hilux 2019, serta Avanza dan Rush lansiran 2017-2019.

Dengan kasus recall ini, Toyota kembali mengajak pemilik beberapa model yang tercantum untuk segera melakukan pengecekan. Bila ditemui ada masalah maka akan diganti secara gratis, sementara untuk pekerjaan diprediksi memakan waktu 2-4 jam. 

Baca Juga: Hyundai recall 82.000 unit mobil listrik, biaya recall jadi termahal dalam sejarah

Secara total, dengan adanya penambahan model yang tersandung masalah fuel pump, Toyota Indonesia akan melakukan recall sebanyak 286.000 unit.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link