ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Sebenarnya, keberadaan cicak di lingkungan tempat tinggal Anda adalah hal yang biasa. Namun, tidak sedikit orang yang merasa jijik akan keberadaan hewan itu. Jika Anda salah satu orang yang merasakan hal itu, ada berbagai macam cara mengusir cicak yang bisa Anda coba.

Biasanya, cicak masuk ke rumah Anda untuk mencari makanan. Maka dari itu, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan rumah Anda. Bersihkan sisa makanan yang menumpuk di bak cuci, remah makanan yang jatuh di lantai, dan sisa makanan lain yang terjatuh dalam rumah Anda.

Dengan begitu, kemunculan cicak akan berkurang. Selain menjaga kebersihan rumah, ada cara lain yang bisa Anda coba, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Mulai dari telur, kapur barus, dan lain sebagainya.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Mengutip dari Livspace (livspace.com), bawang merah dan bawang putih jadi jenis bahan alami yang cukup efektif membasmi cicak. Hal itu disebabkan karena bau menyengat yang dikeluarkan oleh bahan alami itu.

Anda hanya perlu menempatkan beberapa siung atau irisan bawang merah dan bawang putih di beberapa titik rumah. Dengan begitu, cicak enggan masuk dan mencari makanan di rumah Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat semprotan pembasmi serangga dari bahan alami itu.

Baca Juga: 6 Bahan alami ini efektif jadi cara mengusir semut

Kapur Barus

Cara mengusir cicak selanjutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Kapur barus cocok digunakan jika Anda tidak memiliki hewan peliharaan atau anak kecil. Sama seperti bawang merah dan bawang putih, kapur barus memiliki bau menyengat yang tidak disukai cicak.

Anda bisa menempatkan kapur barus di beberapa titik dalam rumah. Misalnya, lemari pakaian, dapur, dan lain-lain. Namun, pastikan untuk tidak meletakkannya berdekatan dengan sumber air atau makanan supaya tidak merusak kualitas air dan makanan di rumah Anda.

Baca Juga: ​5 Cara ampuh mengusir tikus secara mudah

Lada Hitam

Lada hitam bisa digunakan sebagai cara mengusir cicak.

Livspace merekomendasikan lada hitam untuk membasmi cicak. Anda hanya perlu mencampur air dan bubuk lada hitam lalu masukkan dalam botol. Semprotkan air tersebut di beberapa sudut rumah untuk menghalangi datangnya cicak.

Kulit Telur

Cara mengusir cicak juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan kulit telur, lo. Cicak tidak menyukai aroma yang keluar dari kulit telur. Anda hanya perlu mengeringkan kulit telur dan meletakkannya di beberapa sudut rumah. Namun, pastikan untuk tidak mencuci kulit telur supaya aromanya tetap kuat.

Editor: Belladina Biananda



Source link