ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Ban Hankook Tire. Foto: DOK  Ban Hankook Tire 

Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Tren kendaraan listrik di Indonesia diprediksi meningkat di tahun 2021 yang mana jumlahnya diperkirakan mencapai 125.000 unit di masyarakat. Sejak awal tahun, pemerintah telah menunjukkan antusiasme dan keseriusan terhadap pembangunan infrastruktur mobil listrik di Indonesia, mulai dari terbukanya pasar bagi pemain mobil listrik global, hingga penjajakan terhadap produsen baterai untuk mengelola industri baterai lithium dalam negeri.

Wacana ini pun turut diantisipasi produsen ban seperti Hankook Tire yang bersiap menyambut peralihan perilaku masyarakat.

President Director PT Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyatakan, ban mobil listrik harus mampu mempertahankan esensi performa beremisi rendah tanpa membatasi fleksibilitas berkendara. Contohnya, ban untuk mobil listrik harus punya hambatan gulir (rolling resistance) yang rendah sehingga melaju lebih halus, namun di saat yang sama harus tetap punya daya cengkram yang optimal.

“Ini dua hal yang berlawanan, namun harus dicari titik tengahnya. Perpaduan material dan desain ban yang tepat akan sangat berpengaruh dalam mengakomodir objektif tersebut,” ujar Yoonsoo Shin dalam siaran pers yang diterima ANTARAJATIM, Jumat (19/3).

Baca Juga: ​Waspada, inilah 4 masalah ban saat hujan dan cuaca ekstrem

Lebih lanjut, Yoonsoo Shin menjelaskan, mobil listrik umumnya lebih berat 10% – 20% dibandingkan mobil biasa karena menyimpan mesin berbasis baterai. Ini membuat mobil listrik menghasilkan torsi yang lebih boros terlebih saat mobil baru dinyalakan. Alhasil, mobil tersebut membutuhkan ban dengan akselerasi yang lebih sporty, serta pegangan tapak (tread grip) yang tinggi agar tahan dari potensi abrasi yang intens. Penting juga memiliki ketahanan panas yang baik agar dapat bertahan dalam berbagai kondisi.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan, mobil listrik umumnya memiliki kebisingan rendah bahkan hampir senyap, karena tidak ada suara yang dihasilkan mesin pembakaran internal. Ban juga punya peran penting dalam mempertahankan kualitas ini, tergantung dari desain tapak, pengaturan blok, pengaturan pitch, dan optimalisasi grip yang dikembangkan secara khusus. Ban dengan pola alur lateral (lateral groove) dinilai mampu mengurangi kebisingan secara signifikan.

Hankook Tire telah merancang inovasi ban untuk mobil listrik lewat riset dan pengembangan produk yang intensif di pusat R&D Hankook Technodome, Korea Selatan. Inovasi tersebut melahirkan ban mobil listrik perdana, Kinergy AS EV, generasi pertama dan generasi kedua pada tahun 2018 lalu. Ban ini mengusung teknologi sound absorber yang mampu mengurangi kebisingan (resonansi) maksimal hingga 9.2db dan menggunakan kompon Aqua Pine yang terbuat dari ekstrak tumbuhan runjung.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link