ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. Emas batangan

Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

ANTARAJATIM.NET – JAKARTA. Harga emas turun pada hari Jumat (19/3) karena dolar mempertahankan kenaikannya dari sesi sebelumnya didukung oleh imbal hasil US Treasury AS. Sementara prediksi Federal Reserve tentang pemulihan ekonomi menambah tekanan lebih lanjut pada logam safe-haven.

Melansir Reuters pukul 14.00 WIB, harga emas spot turun 0,2% pada US$ 1.733,74 per ons troi pada 0551 GMT, setelah mencapai level tertinggi dua pekan di US$ 1.755,25 pada hari Kamis. Sementara itu, harga emas berjangka AS turun 0,1% menjadi US$ 1.731,50.

“Seperti biasanya, dolar bereaksi terhadap imbal hasil yang lebih tinggi, tetapi juga bereaksi terhadap situasi ekonomi AS yang lebih kuat yang tampaknya meningkat pada kecepatan yang lebih cepat,” kata Stephen Innes, kepala analis pasar global di perusahaan jasa keuangan Axi.

“Jika ekonomi menguat dan masih tidak ada inflasi, itu buruk bagi emas.”

Baca Juga: Harga emas hari ini rontok, selisih dengan buyback Rp 123.000 per gram (19/3)

Indeks dolar rebound dari level terendah dua pekan, didukung oleh lonjakan imbal hasil yang bertahan mendekati level tertinggi lebih dari satu tahun, membuat bullion menjadi kurang menarik.

Imbal hasil melonjak karena Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) berjanji untuk melanjutkan dengan stimulus moneter yang agresif, mengatakan lonjakan inflasi jangka pendek akan terbukti sementara di tengah proyeksi mereka untuk pertumbuhan ekonomi AS terkuat dalam hampir 40 tahun.

“Keuntungan emas terlihat dibatasi oleh kenaikan imbal hasil dan aset berisiko … Pembicaraan seputar penurunan pembelian aset akan menjadi hambatan utama akhir tahun ini,” kata analis ANZ dalam sebuah catatan.

Sementara, harga palladium merosot 0,3% menjadi US$ 2.674.44, setelah naik 7,3% pada sesi sebelumnya untuk mencapai level tertinggi sejak 28 Februari 2020, terangkat perkiraan penurunan perkiraan produksi, Nornickel Nickel Rusia.

“Pasokan yang lebih ketat dan kebangkitan sektor otomotif masih menjadi pertanda baik bagi harga Platinum Group Metals,” kata ANZ.

Di sisi lain, harga perak turun 0,3% menjadi US$ 25,98 per ons troi dan platinum turun 0,5% menjadi US$ 1.200,72.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di ANTARAJATIM Store.





Source link