ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. U.S. President Donald Trump gestures as he and first lady Melania Trump depart the White House to board Marine One ahead of the inauguration of president-elect Joe Biden, in Washington, U.S., January 20, 2021. REUTERS/Leah Millis

Sumber: BBC | Editor: Noverius Laoli

ANTARAJATIM.NET –  WASHINGTON. Kekayaan bersih mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump turun sekitar US$ 700 juta atau setara Rp 10,8 triliun (kurs Rp 14.404) menjadi US$ 2,3 miliar atau setara Rp 33, 12 triliun selama ia menjabat Presiden AS, menurut laporan Bloomberg Billionaires Index.

Mengutip BBC, Jumat (19/3), pandemi Covid-19 turut menghantam kekayaan Trump. Seperti misalnya bisnis gedung perkantoran Trump, hotel dan resor bermerek miliknya kehilangan pendapatan dan nilainya juga merosot.

Armada pesawat dan bisnis lapangan golf Trump juga mengalami penurunan nilai. Sementara itu, saat ini, Trump tengah dalam penyelidikan kiriminal atas urusan keuangan dan bisnis keluarganya.

Bloomberg menganalisis dokumen keuangan dan pengajuan lainnya dari Mei 2016 dan Januari 2021 untuk menghitung kekayaan Trump sebelum dan sesudah ia menjadi presiden AS.

Baca Juga: Disebut sebagai pembunuh, Vladimir Putin menantang ini kepada Joe Biden

Real estat komersial Trump menyumbang sekitar tiga perempat dari kekayaan bersihnya. Menara perkantoran yang dia miliki atau miliki bersama telah mengalami penurunan besar dalam penilaian karena lebih banyak orang bekerja dari rumah, sebuah tren yang bisa bertahan dalam jangka panjang.

Bloomberg, yang menyediakan berita dan data keuangan, memperkirakan penurunan 26% dalam nilai kepemilikan properti komersial utamanya. Dia juga memiliki, mengelola atau melisensikan namanya ke sekitar selusin hotel dan resor, ditambah 19 lapangan golf.

Meskipun golf telah menjadi populer selama pandemi sebagai olahraga luar ruangan yang berjarak secara sosial, dua lapangan Trump di Skotlandia secara konsisten kehilangan uang, menurut arsip.

Setelah pengepungan Capitol Hill pada Januari, Asosiasi Pegolf Profesional (PGA) Amerika mengakhiri perjanjian untuk menjadi tuan rumah turnamen kejuaraan 2022 di lapangan golf Mr Trump di New Jersey, dengan mengatakan itu akan merusak merek grup.

Deutsche Bank, satu-satunya bank yang bersedia meminjamkan uang kepadanya setelah kebangkrutan pada 1990-an, juga mengatakan setelah kerusuhan bahwa mereka tidak akan berbisnis lagi dengannya.

Trump juga memiliki armada pesawat yang mencakup Boeing 757. Pesawat-pesawat ini berusia puluhan tahun dan nilainya telah diturunkan selama bertahun-tahun, menurut pengungkapan keuangan yang dilihat oleh Bloomberg.

Baca Juga: Biden berencana perbaiki hubungan diplomatik AS dengan Palestina yang dirusak Trump

Tujuh pesawat dihargai sekitar US$ 59 juta pada 2015 dan lima bernilai sekitar US$ 6,5 juta pada 2020. Nilai pesawat Trump telah turun selama bertahun-tahun, sebagian karena dia telah menjual sebagian armadanya.






Source link