ANTARAJATIM

PORTAL BERITA JATIM


ILUSTRASI. National Football League. Mandatory Credit: Vincent Carchietta-USA TODAY Sports

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

ANTARAJATIM.NET – WASHINGTON. National Football League mengumumkan serangkaian kesepakatan penyiaran pertandingan dengan penyedia layanan TV senilai US$ 105 miliar. Hak siar itu termasuk kontrak bersejarah yang memberikan hak eksklusif kepada Amazon.com Inc. untuk siaran football yang digelar pada setiap Kamis. 

Mengutip Bloomberg pada Jumat (19/3), perjanjian dimulai dengan musim 2023 dan berjalan hingga musim 2033. Dalam perjanjian itu, juga diatur CBS dan Fox akan menyiarkan setiap pertandingan siang hari Minggu. Kedua perusahaan itu juga mendapatkan untuk perluasan dikanal digital masing-masing. 

Adapun, NBC mempertahankan haknya untuk siaran pertandingan pada Minggu malam. Juga termasuk pada layanan streamingnya. Lalu, ESPN akan mempertahankan Monday Night Football. Perusahaan juga mendapatkan hak online, dan melihat beberapa pertandingan  dilakukan di jaringan kembarnya ABC. 

Berdasarkan laporan yang mendahului perjanjian ini, kontrak tersebut menandai beberapa perubahan besar. Perusahaan media tradisional akan membayar lebih banyak untuk pertandingan NFL sebanyak dua kali lipat dari apa yang mereka bayarkan sebelumnya.

Baca Juga: Cetak 3 touchdown, Tom Brady bawa Buccaneers unggul di paruh pertama SB LV

Kendati demikian, mereka juga mendapatkan hak liputan online. Selain itu,  untuk pertama kalinya, sebuah perusahaan internet yakni Amazon telah meraih hak eksklusif membawa potensi cakupan inovatif ke dunia olahraga yang tenang.

“Ketika saya mulai bisnis Football ini, semua proses dilakukan secara sederhana untuk melakukan lelang untuk dua konferensi. Selama dua dekade terakhir, memperbarui hak media kami telah menjadi proses yang lebih mendetail, disesuaikan, dan kolaboratif,” papar Robert Kraft, pemilik New England Patriots.

Beberapa jaringan membayar kira-kira dua kali lipat biaya mereka saat ini, membantu mendorong total di atas kesepakatan bernilai US$ 105 miliar, menurut orang-orang yang mengetahui masalah tersebut. Jumlah kolosal adalah kemenangan bagi Komisaris NFL Roger Goodell, yang menunjukkan liga masih bisa mendapatkan banyak uang.

Adapun Walt Disney Co setuju untuk membayar sekitar US$ 2,7 miliar per tahun untuk siaran Monday Night Football di ESPN dan ABC. Dengan kesepakatan itu, ABC memperoleh hak untuk membawa dua Super Bowl, bersama dengan pertandingan musim reguler.

Sehingga pelanggan ESPN + dapat melakukan streaming satu pertandingan internasional secara nasional eksklusif setiap musim. Perjanjian tersebut memungkinkan ESPN kesempatan untuk menayangkan ulang semua game ABC dan ESPN di ESPN +.

Jaringan Fox Corp akan membayar sekitar US$ 2 miliar setiap tahun, kata salah satu orang, untuk paket National Football Conference dari pertandingan Minggu sore yang telah dilakukan sejak 1994. Penyiar juga memperluas hak digitalnya, termasuk hak untuk platform streaming Tubi untuk menyampaikan pemrograman NFL pada platform digital. 

Divisi hiburan Comcast Corp setuju untuk membayar sekitar US$ 2 miliar setahun untuk siaran Sunday Night Football pada NBC menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut. Itu digambarkan kurang dari dua kali lipat US$ 1,1 miliar dalam kesepakatan saat ini.

Perjanjian tersebut mencakup hak untuk menyiarkan semua game “Sunday Night Football” di Peacock, layanan streaming NBCUniversal, bersama dengan feed eksklusif dari game-game tertentu selama kesepakatan berlangsung. NBC pertama kali memperoleh paketnya pada tahun 2006.

Baca Juga: Mola TV tayangkan 70 pertandingan sepekan ini

ViacomCBS Inc. akan membayar kurang dari US$ 2 miliar setiap tahun untuk paket multiplatformnya di jaringan CBS. mempertahankan hak untuk pertandingan American Football Conference’s Sunday afternoon. Semua pertandingan akan disiarkan di Jaringan Televisi CBS dan disiarkan langsung di layanan streaming Paramount +. CBS telah menayangkan NFL sejak 1956.

Dalam paket serba digital pertama NFL, Prime Video Amazon.com Inc. memperoleh hak eksklusif untuk “Thursday Night Football” di seluruh perangkat streaming yang kompatibel. Perusahaan setuju untuk membayar sekitar US$ 1 miliar setahun, menurut seseorang yang akrab dengan persyaratan tersebut.

Raksasa online ini ingin membedakan pengalaman streaming olahraga dari menonton TV dengan menambahkan fitur interaktif yang memungkinkan pemirsa mengakses statistik waktu nyata melalui fitur “XRay”, yang juga dapat digunakan di Amazon Prime Video untuk mempelajari lebih lanjut tentang pemeran di a film atau pertunjukan.

Kesepakatan baru harus dibuat oleh para penyiar, yang telah kehilangan jutaan pemirsa karena opsi hiburan online baru dalam beberapa tahun terakhir. Pelanggan TV berbayar di AS telah turun menjadi 85 juta dari puncak hampir 105 juta satu dekade lalu.

 






Source link