4 Ciri Makanan Sehat Kucing

Makanan sehat kucing akan membuatnya tahan terhadap penyakit. Seperti manusia, binatang kesayangan ini juga membutuhkan nutrisi dengan jenis dan jumlah cukup. Asupannya gizi tersebut penting untuk pertumbuhan, kesehatan dan menjaga keindahan bulunya yang merupakan salah satu daya tarik.

Mendapatkan makanan yang sehat bagi kucing cukup mudah. Tidak harus mahal, bahan sederhana juga baik untuk kebutuhan tubuhnya. Kucing memerlukan protein, karbohidrat, air dan vitamin yang lengkap. Bahkan tidak jarang yang menambahkan suplemen agar hewan kesayangan ini selalu sehat

Ciri makanan sehat kucing

Untuk memenuhi kebutuhan, makanan yang disediakan pemeliharanya merupakan sumber utama bagi binatang piaraan. Sedangkan untuk jenis yang liar mendapatkannya dari sekitar tempat hidup. Karena itu kucing liar biasanya kurang menarik.

Anda bisa membuat sendiri makanan sehat kucing atau membeli jenis kemasan yang sudah mengandung nutrisi lengkap. Sebelum membeli atau membuatnya sendiri, ada beberapa hal yang harus mendapat perhatian. Antara lain:

Mengandung gizi lengkap

Ciri pertama makanan sehat bagi kucing adalah mengandung gizi lengkap, jumlah dan jenisnya. Jika membeli dalam kemasan, bisa melihat komposisinya. Apabila membuat sendiri, sebaiknya menggunakan bahan secara selang-seling sehingga asupannya tercukupi. Selain itu juga menghindari agar kucing tidak bosan.

Tidak mengandung pengawet

Bahan pengawet dalam makanan dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit. Selain itu residunya dapat menumpuk pada tubuh dan mengganggu proses metabolisme maupun reproduksinya.

Lebih baik memilih bahan makanan dengan proses pengawetan secara alami, seperti pengeringan atau pemanasan. Zat kimia juga dapat menyebabkan berbagai penyakit dan merusak organ. Pastikan makanan yang diberikan pada kucing tidak mengandung bahan pengawet atau zat berbahaya lainnya.

Rendah karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh, namun dalam jumlah terbatas. Jika terlalu banyak dapat menyebabkan obesitas yang mengganggu fungsi organ. Tumpukan karbohidrat juga dapat menjadikan kucing susah bergerak sehingga tidak lincah lagi. Sebaiknya memperbanyak protein daripada karbohidrat.

Kucing juga dapat menderita diabetes jika nutrisinya tidak sehat. Sistem kerja pada tubuhnya kurang dapat mengubah gula dalam makanan menjadi tenaga sehingga berpotensi terjadi penumpukan yang menyebabkan berbagai macam penyakit

Tidak tengik dan berjamur

Makanan pada kucing harus selalu bersih, tidak tengik atau berjamur. Jangan menyimpan bahan makanan di tempat lembab atau terlalu lama karena patogen mudah tumbuh dan berkembang. Sebaiknya menyimpannya dalam wadah kedap udara dengan posisi tertutup rapat.

Membeli makanan dalam jumlah banyak juga bukan cara yang tepat. Bahan tersebut mempunyai batas waktu penggunaan. Jika melebihi dapat tumbuh jamur atau menjadi tengik sehingga tidak layak konsumsi.

Memilih makanan sehat kucing cukup mudah. Apalagi binatang piaraan ini bisa mengkonsumsi banyak jenis yang berasal dari daging, ikan, maupun lainnya. Salah satu poin yang penting adalah memastikan makanan tersebut dalam keadaan bersih dan tidak berjamur serta tanpa pengawet.

By admin