Kandungan Gizi Susu yang Harus Orang Tua Perhatikan

Kandungan gizi susu merupakan salah satu hal penting harus Anda perhatikan. Gizi dalam setiap susu yang diberikan untuk anak harus sesuai dengan apa yang dibutuhkannya. Anda juga perlu memperhatikan apakah anak memiliki alergi tertentu pada suatu kandungan agar gizi yang diserap juga dapat maksimal. Berikut adalah kandungan gizi pada susu yang penting untuk si kecil.

1. Kandungan DHA dan ARA

Kandungan pertama yang harus ada di dalam susu formula yang Anda pilih adalah kandungan DHA dan ARA. Susu formula merupakan susuu yang dikenal dapat mencerdaskan otak si kecil. Nyatanya, kandungan DHA dan ARA merupakan salah satu penyebabnya. Kedua kandungan ini merupakan asam lemak omega-3 yang berdampak baik bagi perkembangan otak anak.

Selain dari susu, kandungan ini juga dapat Anda temukan pada ASI serta beberapa makanan tertentu, seperti ikan dan susu. Mengonsumsi susu dengan kandungan ini secara rutin, dapat membantu anak Anda memiliki kecerdasan otak yang optimal.

2. Karbohidrat

Sesudah mengonsumsi susu formula, si kecil akan otomatis merasa kenyang serta kembali memiliki energi yang banyak. Hal ini disebabkan karena susu yang dikonsumsi memiliki kandungan karbohidrat. Kandungan ini cocok untuk sistem pencernaan si kecil. Nantinya kandungan ini akan diurai menjadi glukosa serta galaktosa  di sistem pencernaannya.

Selain nantinya menjadi sumber energi, keduanya sangat bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf serta pertumbuhan otak si kecil.

3. Lemak

Salah satu kandungan gizi terbanyak dalam susu adalah lemak. Lemak memiliki fungsi sebagai sumber kalori dan sumber energi utama bagi si kecil. Kandungan lemak yang terdapat pada susu formula anak 8% adalah polyunsaturated fatty acid (PUFA) atau asam lemak tak jenuh ganda.

Menurut penelitian, kandungan ini berpengaruh pada perkembangan mental anak-anak di masa yang akan datang. Dengan demikian, lemak yang ada pada susu ternyata sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak Anda.

4. Zat Besi

Kandungan selanjutnya adalah zat besi, zat besi merupakan salah satu kandungan yang berfungsi untuk menjaga proses tumbuh kembang si kecil agar tetap optimal. Kandungan ini berguna untuk mencegah si kecil dari penyakit Anemia atau kurangnya darah.

Sebetulnya, anak dapat memenuhi kandungan zat besinya melalui pemberian ASI eksklusif pada masa awal kelahirannya. Namun, setelah tidak lagi meminum ASI, Anda perlu memberikan susu formula agar anak tetap mendapatkan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuhnya.

Itulah beberapa kandungan gizi susu yang dapat Anda perhatikan sebelum membeli susu untuk si kecil. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya, seperti membersihkan botolnya. Hal ini sangat berdampak untuk kesehatan anak agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat dengan mudah menyerang anak-anak karena kebersihannya yang kurang terjaga.

By admin