Tue. Oct 26th, 2021
5 Dampak Buruk Tidak Mau Melestarikan Lingkungan

Kelestarian lingkungan adalah tanggungjawab semua orang agar mendapatkan kehidupan yang aman dan udara bersih. Penting sekali untuk peduli dengan kondisi alam, salah satunya agar hidup sehat bisa didapatkan. Berikut ini dampak buruk jika Anda tidak mau ikut serta melestarikan lingkungan.

1.   Bencana Alam

Bencana alam yang terjadi merupakan akibat dari ketidakpedulian manusia karena tidak mau merawat lingkungan dengan baik. Jenis bencana alam karena tidak mau menjaga kelestarian lingkungan adalah banjir dan tanah longsor.

Dampak bencana alam ini akan mengakibatkan pencemaran tanah. Salah satu penyebabnya karena tindakan penebangan pohon secara liar dan tidak peduli dengan upaya penanaman pohon kembali. Kebiasaan buruk yang semakin hari akan semakin merusak alam.

2.   Punahnya Hewan dan Tumbuhan

Dampak buruk dari lingkungan yang tidak dilestarikan dengan baik adalah punahnya hewan dan tumbuhan. Di mana polusi menjadi faktor penyebab hewan dan tumbuhan tidak bisa hidup sebagaimana mestinya lagi. Kepunahan pada tumbuhan juga terjadi karena adanya oknum tidak bertanggung jawab yang mengambil tumbuhan tersebut tanpa melakukan penanaman kembali.

3.   Sumber Daya Alam Menipis

Dalam kelangsungan hidup tentunya dibutuhkan sumber daya alam. Tanpa adanya kelestarian lingkungan yang baik maka akan berdampak pada menipisnya sumber daya alam. Hal yang mulai dirasakan saat ini adalah susahnya ketersediaan air bersih. Ini terjadi karena penebangan pohon secara liar tanpa adanya penanaman kembali. Pohon bermanfaat untuk menyimpan cadangan air.

4.   Muncul Berbagai Jenis Penyakit

Dampak buruk berikutnya adalah muncul berbagai jenis penyakit disebabkan lingkungan tidak terjaga. Di mana mana ada sampah dan kotor yang menyebabkan kuman dan virus berkumpul dan akhirnya menularkan penyakit. Akibatnya penyakit ini bisa menyerang anak-anak yang akhirnya berdampak pula pada sumber daya manusia di masa mendatang.

5.   Berkurangnya Sumber Makanan

Tumbuhan dan hewan merupakan bagian dari sumber makanan. Jika tidak dijaga lingkungan dengan baik maka tidak akan ada lagi tanah subur untuk menanam berbagai jenis tanaman yang menjadi sumber makanan. Begitu juga dengan hewan ternak, saat tidak ada sumber makanannya maka hewan sebagai sumber makanan manusia juga tidak bisa berkembangbiak dengan baik.

6.   Berkurangnya Oksigen

Ternyata 70 persen oksigen berasal dari tumbuhan laut yaitu fitoplankton dan alga. 28 persen oksigen berasal dari hutan hujan, dan hanya 2 persen yang berasal dari sumber lainnya. Jika kelestarian lingkungan tidak dijaga maka dampaknya akan merusak perairan dan akhirnya berdampak pada ketersediaan oksigen di kemudian hari.

Dampak buruk dari kondisi lingkungan yang tidak terjaga akan dirasakan oleh semua makhluk yang ada di muka bumi. Anda harus peduli dan ikut serta untuk melestarikan lingkungan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan. Jangan abai jika ingin terus hidup dengan tenang.

By admin