Fri. Oct 22nd, 2021
5 Kegiatan Kreatif untuk Anak TK yang Melatih Motorik

Di usia TK anak-anak perlu melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk meningkatkan keterampilannya, termasuk melatih motorik. Kemampuan yang nantinya membuat anak bisa memiliki kemandirian. Berikut ini kegiatan kreatif untuk anak TK yang membantu melatih motorik.

1.     Menggambar dan mewarnai

Kegiatan mewarnai dan menggambar mampu meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Kegiatan ini juga membantu anak agar bisa memegang pensil dengan benar. Koordinasi antara mata dan otot halus juga akan terlatih dengan baik.

2.     Melipat dan Menggunting Kertas

Kegiatan melipat dan menggunting kertas juga bisa menjadi pilihan. Sediakan potongan kertas warna-warni untuk menjadi bahan kertas yang dilipat. Manfaat kegiatan melipat kertas membantu menguatkan otot-otot jari dan tangan. Mulai dengan mengajari membuat lipatan sederhana satu kali lipat berbentuk persegi panjang.

Lalu kegiatan menggunting kertas dengan membuat bentuk bulat, persegi, dan segitiga. Berikan contoh untuk melakukannya agar anak bisa mengikuti perlahan-lahan. Kegiatan menggunting juga bagus untuk melatih koordinasi mata dan tangan. Selain itu juga melatih kesabaran, ketelitian, dan rasa percaya diri.

3.     Bermain Cetakan Pasir

Anak-anak sangat menyukai permainan pasir yang merupakan mainan edukasi untuk melatih motorik halus. Sediakan cetakan untuk bisa bermain pasir dengan lebih seru. Cetakan yang bisa menjadi pilihan mulai dari cetakan alphabet dan karakter hewan.

Anak akan belajar berkonsentrasi memasukkan pasir ke dalam cetakan. Kegiatan ini juga mengenalkan anak dengan tekstur. Permainan ini bisa dilakukan bersama-sama dengan anak-anak lainnya sekaligus mengajari anak tentang bagaimana bekerja sama.

4.     Berkebun

Kegiatan berkebun adalah sebuah aktivitas yang bagus untuk anak TK karena bisa mengenalkan anak tentang pengetahuan terkait tanaman. Mulai dari biji sampai nantinya berbuah. Tak hanya motorik, kegiatan ini juga melatih sensorik anak.

Anak akan belajar bersabar dan tanggung jawab dengan tanamannya saat berkebun. Selain itu juga anak belajar rasa peduli terhadap lingkungan dan rasa cintanya kepada alam. Berkebun ini juga bisa disarankan kepada orang tua anak untuk melakukannya di rumah saat akhir pekan.

5.     Menyusun Balok dan Puzzle

Kegiatan selanjutnya yang bisa dilakukan anak adalah menyusun balok dan puzzle. Anak akan belajar menggenggam dan menyusun perlahan-lahan sampai akhirnya melakukannya dengan benar. Kegiatan ini membantu sekali meningkatkan daya ingat anak dan ketelitiannya saat bermain.

Tinggal memilih banyaknya balok yang harus disusun sesuai kemampuan anak. Puzzle juga bisa memilih puzzle angka, buah, dan binatang yang sekaligus menjadi tahap perkenalan untuk anak saat bermain.

Kegiatan kreatif untuk anak TK ini bisa juga dilakukan di rumah bersama orang tua. Anda bisa membeli peralatannya di toko buku online atau offline. Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk quality time bersama anak. Bermain sambil belajar ini akan sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak.

By admin