Peluang Usaha Rumahan untuk Meningkatkan Penghasilan

Ada begitu banyak industri besar yang berawal dari usaha rumahan. Seperti perusahaan raksasa dunia Microsoft dan Apple yang memulai bisnisnya dari garasi rumah. Tentu saja hal ini menjadi inspirasi bagi para pebisnis pemula. Mungkin Anda juga termasuk yang tertarik untuk mengawali bisnisnya dari rumah. Lalu, adakah peluang usaha yang menjanjikan dan layak untuk dicoba? Simak bahasannya berikut ini yah!

Peluang Usaha Rumahan yang Menjanjikan

1. Usaha Jasa

Jasa merupakan bidang usaha yang memerlukan keterampilan. Selain itu, dengan beralihnya situasi kerja dari WFO (Work from Office) ke WFH (Work from Home), hal ini menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Namun, sebelum itu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bakat, minat, dan kemampuan Anda dalam suatu bidang yang dapat menghasilkan uang.

Beberapa usaha di bidang jasa yang bisa Anda lakukan dari rumah antara lain:

  1. Jasa Penulis
  2. Jasa Desain Grafis
  3. Jasa Foto dan Videografi
  4. Jasa Jahit
  5. Jasa Private atau Mengajar Online

2. Berjualan Pakaian

Usaha kedua yang bisa Anda coba adalah berjualan pakaian. Anda bisa memulai bisnis ini dengan sistem dropship, menjadi reseller, ataupun distributor. Namun, pastikan Anda memilih supplier pakaian yang sudah tepercaya dan memiliki kredibilitas yang baik.

3. Warung Sembako

Usaha yang satu ini merupakan bisnis yang tidak ada matinya. Selain itu, warung sembako juga merupakan peluang usaha rumahan yang tumbuh dan berkembang sangat baik di desa maupun kota. Hal ini karena setiap hari orang-orang memerlukan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

4. Menjadi Agen

Salah satu usaha yang potensial untuk dijalankan dari rumah adalah menjadi seorang agen, baik agen PPOB ataupun pemberi layanan perbankan (contoh BRI Link).

PPOB (Payment Point Online Bank) merupakan sebuah istilah untuk agen yang menyediakan jasa untuk membayar berbagai jenis tagihan dan transaksi di tempat. Mulai dari pulsa dan paket data, PDAM, listrik, TV berbayar, hingga tiket perjalanan.

Sedangkan agen pemberi layanan perbankan bertugas untuk membantu masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan seperti setor atau tarik tunai hingga transfer uang.

5. Bisnis Makanan

Usaha berikutnya adalah bisnis di bidang makanan.  Selain sembako dan bahan pangan, banyak orang yang suka mengonsumsi makanan ringan, camilan, dan berbagai jenis makanan pendamping nasi.

Bisnis rumahan berupa makanan merupakan contoh usaha modal kecil dengan untung besar dan perputaran keuangan yang cepat. Anda bisa mencoba bisnis ini dengan memproduksi makanan Anda sendiri atau dengan franchise dari produk makanan yang sudah terkenal.

Beberapa contoh jenis makanan yang bisa Anda coba antara lain:

  1. Frozen food
  2. Sambal kemasan
  3. Aneka Keripik dan Kerupuk
  4. Aneka kue dan jajanan pasar seperti donat dan sosis bakar
  5. Makanan kekinian seperti dimsum, telur gulung, atau rice bowl.
  6. Minuman kekinian seperti boba dan lain sebagainya.

Itulah berbagai jenis usaha rumahan yang menjanjikan dan berpeluang untuk meningkatkan penghasilan Anda. Beberapa jenis bisnis rumahan di atas mulai dari usaha dengan modal kecil seperti menjadi dropshipper hingga usaha modal besar seperti menjadi agen bisa Anda coba.

Jangan lupa sesuaikan juga dengan kemampuan modal awal Anda agar bisnis berjalan dengan baik dan lancar ke depannya. Jika Anda memerlukan tambahan pinjaman modal usaha, pastikan juga Anda mendapatkannya dari tempat yang telah terbukti kredibel dan tepercaya.

By admin