Tue. Oct 26th, 2021
6 Manfaat Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh kembang anak yang penting sekali dipantau dalam di masa-masa emasnya. Terutama di 1000 hari pertama kehidupan anak dari dalam kandungan sampai berusia 2 tahun. Protein merupakan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya. Berikut ini manfaat protein bagi anak di masa pertumbuhannya.

1.   Membentuk Antibodi

Manfaat dari protein bisa membentuk antibodi anak menjadi lebih baik. Di mana pembentukan antibodi memiliki manfaat untuk menangkal infeksi  virus atau bakteri. Antibodi yang stabil pada anak akan membuat kesehatannya terjaga. Apa lagi di masa pandemi antibodi sangat penting untuk dijaga. Pembentukan antibodi ini sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

2.   Sumber Energi

Saat beraktivitas anak membutuhkan energi agar tidak mudah kelelahan. Protein yang dikonsumsi bermanfaat sekali sebagai sumber energinya. Di mana proses pengolahan makanan bisa berjalan lancar dan mendukung tumbuh kembang anak bisa optimal.

Anak yang energinya tidak mudah habis akan lebih sehat karena metabolisme tubuhnya bisa berjalan optimal. Metabolisme yang bagus sangat membantu sekali mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan pada anak

3.   Mengganti Jaringan Tubuh yang Rusak

Manfaat lain dari protein untuk tumbuh kembang anak adalah mengganti jaringan tubuh yang rusak.  Tumbuh kembang anak bisa optimal saat proses penggantian jaringannya berjalan dengan baik. Apa lagi di masa pertumbuhan akan selalu ada jaringan baru yang terbentuk.

Jaringan yang baik tentunya memiliki sel-sel tubuh yang bekerja optimal dalam memasok oksigen. Alhasil pertumbuhan rambut, kuku, dan kulit anak bisa optimal. Anak pun akan sangat minim dari berbagai masalah kesehatan.

4.   Meningkatkan Massa Otot

Protein juga memiliki manfaat meningkatkan massa otot yang membuat sistem pernapasan anak berjalan lancar. Pencernaan anak juga lancar, sehingga penyerapan nutrisinya bisa optimal. Protein juga bermanfaat membantu menjaga penglihatan anak sehat dan terhindar dari masalah sakit mata. Meningkatnya massa otot akan membuat pertumbuhan tinggi anak sesuai usianya.

5.   Mengontrol Nafsu Makan

Ternyata protein juga memiliki manfaat mengontrol nafsu makan anak. Protein yang tinggi membuat anak kenyang dalam waktu yang lama, sehingga bisa bertahan sampai jam makan berikutnya. Protein juga memiliki manfaat mengontrol agar berat badan anak terjaga sesuai usianya. Saat nafsu makan terkontrol tumbuh kembang anak akan optimal.

6.   Mengoptimalkan Fungsi Otak

Protein juga memiliki manfaat penting dalam tumbuh kembang anak yaitu mengoptimalkan fungsi otaknya. Kemampuan berpikir dan daya ingatnya akan menjadi lebih kuat. Dampak positifnya tentu dalam proses belajar dan bersosialisasi nantinya.

Manfaat protein ini sangat penting bagi tumbuh kembang anak yang porsinya harus terpenuhi setiap harinya. Anda tinggal memilih berbagai jenis protein terbaik untuk anak. Bisa ikan, daging, atau telur. Variasikan cara memasaknya agar anak tidak merasa bosan dan nafsu makannya selalu bagus.

By admin