Sat. Jan 29th, 2022
Nutrisi Otak Anak yang Paling Penting

Buah hati yang tumbuh menjadi anak pintar tentunya adalah harapan bagi semua orang tua. Banyak ayah ataupun ibu memakai bermacam cara sehingga anak bisa menjadi hebat bahkan saat usianya masih belia. Sering kali banyak orang tua menginginkan cara instan supaya anak menjadi pintar. Padahal faktanya untuk mengembangkan kecerdasan si kecil memerlukan sejumlah hal.

Salah satu faktor terpenting dalam upaya tersebut adalah nutrisi guna mempengaruhi kepintaran otak buah hati. Nutrisi otak anak dengan asupan makanan yang mempunyai kualitas tinggi sangat penting dilakukan sejak dini oleh orang tua. Hal ini lantaran perkembangan otak anak yang sangat pesat terjadi saat ia berada dalam kandungan sampai dua tahun  pertamanya.

Mengetahui Nutrisi yang Tepat untuk Otak Anak

Supaya kecerdasan pada otak anak berjalan dengan optimal, berikut ini adalah sejumlah nutrisi penting yang sebaiknya orang tua berikan sedini mungkin untuk si kecil.

  1. Protein

Nutrisi pertama ada protein yang bisa ditemukan dalam daging merah, seafood, tahu, kacang kedelai, daging ayam, tempe bahkan air susu ibu. Protein sendiri adalah nutrisi yang penting guna perkembangan bagian otak si kecil.

Bukan hanya membentuk sejumlah sel otak ketika buahhati masih bayi, protein merupakan nutrisi yang memproduksi sel saraf baru di bagian otak. Dengan demikian otak serta kehebatan buah hati nantinya terus bertumbuh sekaligus berkembang.

  1. Zat Seng atau Zinc

Walaupun diperlukan dalam jumlah yang relatif sedikit, Zinc banyak kita jumpai di bagian otak anak. Selain itu zat tersebut berperan penting untuk kepintaran pada anak. Pada bayi berusia mulai 0 sampai 6 bulan, Air Susu Ibu adalah sumber Ziv yang dapat diandalkan. Sedangkan bagi anak yang berusia 6 bulan ke atas, zinc dapat diperoleh dengan mengkonsumsi gandum, ayam, kacang-kacangan, daging sapi, susu dan tahu.

  1. Zat Besi

Ikan, daging sapi, hati, daging ayam tanpa kulit, telur, bayam dan kacang-kacangan merupakan sejumlah sumber zat besi yang sangat baik untuk nutrisi dalam otak buah hati. ASI juga merupakan sumber zat besi yang terbaik khususnya bagi bayi.

Orang tua perlu memastikan makanan yang si kecil konsumsi mngandung zat besi yang cukup. Pasalnya otak yang tidak mendapat asupan zat besi cukup dapat menimbulkan masalah di masa mendatang.

  1. Yodium

Yodium adalah nutrisi untuk otak anak yang penting untuk kecerdasan mereka. Fungsi yodium yakni membentuk hormone bernama tiroid yang diperlukan dalam perkembangan otak bayi serta meningkatkan aktivitas otak si kecil. Sumber makanan yang di dalamnya terkandung yodium adalah telur, minyak ikan cod, kentang, ikan dan udang.

Sejumlah nutrisi untuk otak anak tersebut penting untuk orangtua penuhi demi menunjang tumbuh kembangnya.

By admin