Wed. Oct 20th, 2021
Tips Memilih Tipe Makanan Kucing Terbaik bagi Kucing Tersayang!

Kucing memerlukan makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dipasaran, banyak tersedia pilihan makanan untuk kucing. Namun, Anda perlu memperhatikan pilihan makanan yang mengandung nutrisi yang tepat bagi si kucing agar kesehatannya dapat terjaga dan terhindar dari penyakit. Makanan kucing biasanya terdiri dari dua tipe yaitu makanan kering (dry food) atau makanan basah (wet food). Berikut ini tips memilih tipe makanan kucing terbaik untuk kucing Anda!

1.      Makanan kering (dry food)

Makanan kering membuat gigi dan gusi kucing menjadi lebih sehat dan kuat berkat kunyahannya yang intens. Makanan kering juga cocok untuk Anda yang menyukai hal-hal praktis karena mudah disimpan dan bisa dibawa kemanapun. Jika Anda sedang bepergian dan harus membawa serta kucing kesayangan, makanan kering bisa menjadi pilihan utama karena lebih tahan lama diudara terbuka dibandingkan makanan basah. Tetapi Anda harus tetap memperhatikan komposisi yang terkandung pada kemasannya dan sesuaikan dengan kebutuhan si kucing.

Meskipun makanan kering lebih praktis, tidak disarankan dikonsumsi oleh kucing yang rentan mengalami dehidrasi. Kandungan air pada makanan kering hanya 7% sampai 12% sehingga tidak disarankan diberikan kepada kucing yang tidak terlalu suka minum banyak air.

Natrium pada makanan kucing juga memperparah dehidrasi karena menyebabkan retensi air. Sehingga para pemilik kucing peliharaan harus memastikan kebutuhan air bagi si kucing selalu tercukupi jika kucing Anda lebih sering mengkonsumsi makanan dengan tipe ini.

2.      Makanan basah (wet food)

Kucing membutuhkan hidrasi air 60-70%, seperti kadar air yang terkandung dalam mangsa alami kucing. Sehingga makanan basah disarankan karena memiliki tekstur dan kadar air yang mirip.

Pilihan makanan basah yang mengandung banyak air juga bagus untuk kucing jantan yang telah disteril. Karena kucing jantan yang telah menerima sterilisasi rentan mengalami masalah pada saluran kemihnya. Masalah dehidrasi kronis juga dapat menyebabkan infeksi pada saluran kemih, sistitis idiopatik kucing dan batu ginjal. Oleh karena itu, makanan basah disarankan guna menghindari masalah tersebut.

3.      Kombinasi makanan kering dan basah

Ada saatnya kucing bosan dengan menu yang biasanya, menjadi lebih rewel dan pemilih. Beberapa kucing lebih memilih makanan dengan tekstur padat seperti makanan kering, dan lainnya lebih menyukai makanan basah karena baunya yang kuat sehingga menaikan nafsu makannya.

Untuk kucing yang sedang rewel dengan makanannya, kombinasi makanan kering dan basah dapat menjadi salah satu alternative mengatasi hal ini. Anda dapat mencampurkan makanan kering dan basah, berikan topping potongan daging atau suiran ayam.

Tentu Anda menginginkan makanan kucing terbaik untuk peliharaan Anda. Untuk itu, penting untuk memilih makanan yang sesuai dengan kondisi si kucing dan kandungan nutrisinya. Pastikan juga makanan tersebut sesuai dengan selera kucing kesayangan Anda!

By admin