Tue. Oct 19th, 2021
Tips Mudah Olahraga Saat Pandemi

Setidaknya para ahli telah memberikan lima cara efektif menjaga kesehatan di rumah ketika masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi agar tidak mudah terserang virus.

Kami akan rangkumkan beberapa tips olahraga saat pandemi  agar kalian bisa mengikutinya dengan  baik. Jadi, meskipun sedang di rumah, kamu tetap bisa olahraga dan menjaga kebugaran tubuh.

Sebelum itu, disarankan berolahraga minimal dua hingga tiga jam satu pekan supaya badan tetap bugar. Namun tetap bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Berikut tips yang bisa kalian ikuti :

1. Terus Bergerak

Instruktur fitnes dan juga seorang mantan atlet Australia, Ben Lucas menyebutkan jika hal penting yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan selama pandemi adalah terus bergerak.

Meskipun begitu, disarankan melakukan jenis latihan lainnya agar tidak bosan dan jenuh. Hal tersebut penting karena jika tidak, kalian bisa saja kehilangan kebugaran saat pandemi.

Menurut pedoman olahraga yang diterapkan di nasional Australia, orang yang berusia 18 sampai 64 tahun perlu berolahraga minimal 2,5 jam per minggu agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

2. Penguatan otot

Tak hanya itu, pedoman olahraga nasional Australia juga merekomendasikan melakukan berbagai aktivitas penguatan otot setidaknya dua hari dalam satu pekan agar meningkatkan kekuatan tubuh.

Disarankan melakukan aktivitas otot lebih dari berlari di blok rumah. Kamu bisa melakukan pilates atau bisa juga angkat beban di rumah untuk tambahan latihan.

3. Konsumsi banyak protein

Tak hanya berolahraga saja, Sharelle Grant yang merupakan seorang instruktur dan perawat di Melbourne juga mengatakan sangat penting untuk mengkonsumsi lebih banyak protein agar kekebalan tubuh menjadi meningkat.

Kamu bisa mengkonsumsi protein dari hewani atau nabati. Tinggal disesuaikan dengan minat dan kecocokan setiap orang saja.

4. Harus punya komitmen untuk berolahraga

Tak bisa dipungkiri, kemalasan seseorang datang lebih besar dibanding ingin berolahraga rutin setiap hari. Oleh karena itu, sangat disarankan punya komitmen untuk berolahraga.

Kamu harus memacu motivasi dan menantang diri sendiri. Caranya sangat mudah, misalnya dengan memberi target olahraga setiap hari. Misalnya, beri target 50 squat per hari.

Agar semakin termotivasi, tak ada salahnya jika berolahraga secara berkelompok untuk menambah konsistensi latihan harian.

5. Jangan menggunakan peralatan mahal saat berolahraga

Tips terakhir yang bisa kamu terapkan adalah menentukan tujuan olahraga yang sedang kamu lakukan. Hal tersebut bisa meminimalisir keinginan membeli peralatan olahraga yang mahal.

Tenang saja karena saat ini banyak sekali alternatif olahraga tanpa perlu peralatan olahraga yang mahal. Ingat, untuk olahraga kalian nggak perlu peralatan yang mahal.

Selain berolahraga dengan rutin, disarankan untuk menjaga asupan makanan dengan konsumsi makanan bernutrisi. Dengan begitu, kalian tidak akan mudah terserang penyakit di saat pandemi.

By admin