Yuk Ketahui Cara Menghilangkan Jerawat Berdasarkan Jenisnya!

Cara menghilangkan jerawat secara umum mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa jerawat memiliki berbagai jenis.

Nah, apakah semua jenis jerawat bisa ditangani dengan cara yang sama? Untuk cara-cara yang umum mungkin sama, tetapi ternyata terdapat cara khusus yang berbeda-beda untuk setiap jenisnya.

Sebelum membahas jenis-jenis jerawat beserta cara penanganannya, ada baiknya kamu tahu dulu apa itu jerawat. Jerawat yaitu penyakit kulit yang timbul akibat produksi minyak berlebih serta penumpukkan sel kulit mati yang mengakibatkan tersumbatnya pori-pori.

Jenis-jenis Jerawat Beserta Cara Menanganinya

Pada dasarnya, jenis jerawat pada setiap orang berbeda-beda, berikut ini merupakan beberapa jenis jerawat yang umum.

Blackheads atau Komedo Hitam

Hayo, siapa yang mengira bahwa komedo dan jerawat adalah dua masalah kulit yang berbeda? Komedo hitam ternyata termasuk salah satu jenis jerawat yang naik ke permukaan kulit.

Komedo hitam juga disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, serta penyumbatan pori-pori oleh bakteri. Cara menangani blackheads bisa kamu lakukan dengan menjaga kebersihan wajah dan konsultasi ke dokter untuk dilakukan tindak lanjut.

Whiteheads atau Komedo Putih

Komedo merupakan hal pertama yang muncul ketika terjadi penyumbatan pori, sebelum pada akhirnya membentuk jerawat.

Penyebab utama jerawat jenis inni ialah perubahan hormone yang biasa terjadi pada masa pubertas dan menstruasi. Cara penanganannya yaitu dengan menjaga kebersihan wajah, mengurangi makanan berminyak, selalu membersihkan sisa-sisa makeup.

Pustula

Jerawat pustula ini terjadi akibat komedo yang meradang. Ciri-ciri jerawat pustula ialah adanya benjolan dasar berwarna merah dengan ujung kepala putih yang di dalamnya berisi nanah.

Pustula biasanya berkumpul dalam jumlah yang banyak, ini berarti kamu mengalami jerawat yang cukup parah. Pada saat mengalami keadaan seperti ini, disarankan untuk tidak memencet jerawat karena bisa menyebabkan adanya bekas jerawat yang susah hilang.

Papula

Hampir mirip seperti pustula, papula terjadi akibat peradangan komedo. Ya, ketika komedo yang muncul pada wajah dibiarkan, disinilah papula muncul dan menyebabkan iritasi pada kulit sekitarnya.

Jerawat papula berbentuk benjolan kecil berwarna merah pada kulit, cara menghilangkan jerawat ini bisa kamu konsultasikan pada dokter.

Jerawat Pasir

Jerawat pasir atau biasa dikenal dengan bruntusan merupakan jenis jerawat yang belum berkembang. Penyebab utama adanya jerawat pasir ialah iritasi kulit yang diakibatkan oleh adanya panas dan gesekan pada kulit. Manfaat niacinamide untuk wajah bisa menjadi solusi untuk mengatasi jerawat jenis ini.

Jerawat Batu

Kistik atau jerawat batu adalah jenis jerawat yang menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Jerawat ini muncul akibat menumpuknya minyak beserta sel kulit mati pada jaringan kulit di dalam folikel rambut.

Kamu bisa segera datang ke dokter untuk konsultasi tentang cara menghilangkan jerawat jenis ini.

By admin