Thu. Oct 21st, 2021
Susu Untuk Lansia yang Susah Makan

Bicara tentang susah untuk makan mungkin langsung dihubungkan pada anak-anak. Itu memang tidak salah namun lanjut usia juga sering mengalami susah makan. Untuk mengatasi hal ini, biasanya diberikan susu untuk lansia yang susah makan sebagai solusi yang mudah dan juga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Penyebab Lansia Susah Makan

Jika umur seseorang sudah mulai tua, semua fungsi dari lima indera akan berkurang, termasuk indera perasa. Fungsi rasa atau indera pengecap akan mulai berkurang. Lanjut usia akan merasa makanannya kurang enak padahal sebenarnya jika dicoba, rasanya sudah enak. Kondisi ini akhirnya mengurangi nafsu makan lansia.

Belum lagi keadaan gigi yang sudah keropos dan ompong. Ini juga dapat membuat lansia sulit untuk mengunyah makanan dengan baik. Bahkan beberapa dari mereka kemudian memutuskan hanya makan dan minum sedikit saja.

Padahal sebenarnya asupan makanan lansia harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan tubuhnya terutama tulang, otot, dan organ tubuh yang vital. Salah satu alternatif yang disarankan yaitu dengan pemberian susu karena bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi harian yang cukup.

Susu Tidak Dapat Menggantikan Makanan

Meskipun yang kita tahu, susu untuk lansia yang susah makan memang memiliki kandungan nutrisi untuk kebutuhan lansia terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk mendapatkan kesehatan tulang dan vitamin D untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang memang disarankan untuk dikonsumsi secara teratur, susu tetap tidak dapat menggantikan makanan.

Susu tidak dapat mengubah fungsi makanan dan tidak semua susu dapat memenuhi kebutuhan harian orang-orang lanjut usia hingga 100%. Selain itu, lanjut usia memiliki ketahanan tubuh yang lemah. Jika tidak ada asupan gizi yang terpenuhi, bukan tidak mungkin membuat lanjut usia lemas dan mudah sakit.

Susu memang minuman bergizi. Tapi ingat bahwa susu tidak bisa mengganti fungsi makanan. Akan lebih baik jika susu tetap dikonsumsi setiap hari namun juga tetap dibarengi dengan makanan bergizi lainnya yang cocok dikonsumsi untuk lanjut usia sehingga tubuhnya bisa tetap sehat.

Jika masalah lanjut usia pada umumnya yaitu sulit untuk makan, lebih baik untuk menghaluskan makanan terlebih dahulu sehingga lebih mudah untuk dikunyah dan ditelan. Konsumsi buah-buahan juga bisa di jus terlebih dahulu. Bisa makan bubur, oatmeal, sup, makanan kukus, dll yang sehat dan mudah dicerna oleh lanjut usia.

Jadi pastikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan mudah dicerna untuk lanjut usia dan juga dibarengi dengan pemberian susu untuk lansia yang susah makan agar kebutuhan nutrisi harian dapat terpenuhi. Bisa diberikan susu Ensure dengan kandungan nutrisi yang lengkap seperti kalsium, triple protein, vitamin, mineral, omega 3, omega 6, dan masih banyak lagi.

By admin