Tue. Jul 5th, 2022
Tips Saat Memasak Bubur Tim Sayur Untuk Balita Anda.

 Memasuki masa MPASI memang kadang membuat para ibu menjadi bingung. Pasalnya, mereka harus menyiapkan menu makanan pendampingan ASI yang sekiranya menarik tapi juga bergizi untuk anak. Ada banyak resep bubur tim sayur di internet yang bisa Anda coba dan pastinya menyehatkan untuk balita.

Namun, saat memasak bubur tim ini tidak bisa sembarangan. Apalagi jika Anda ingin balita tumbuh menjadi anak yang sehat dan terhindar dari bahan-bahan makanan yang tidak cocok untuknya. Karena tubuh si kecil masih sangat rentan jadi harus ekstra hati-hati dan teliti lagi.

Lalu, apa saja tips yang harus diperhatikan saat akan memasak bubur tim untuk balita Anda? Simak selengkapnya.

1. Berikan Banyak Alternatif Sayuran

Mengajari anak untuk suka dengan sayur harus dimulai sejak dini. Karena jika tidak demikian maka di kemudian hari anak akan pilih-pilih terhadap makanan yang masuk ke tubuh mereka.

Memberikan banyak alternatif sayuran untuk dijadikan bubur tim bisa membuat mereka mengenali tekstur dan rasanya dengan baik serta tidak mudah bosan.

2. Mencuci dengan Bersih Seluruh Bahan yang Digunakan

Menjaga kebersihan sebelum memasak sesuatu sangatlah penting, khususnya untuk makanan yang akan disajikan ke anak-anak. Karena tanpa mencuci yang bersih dengan air mengalir, dikhawatirkan masih ada sisa kotoran atau bahan kimia apapun yang menempel di bahan tersebut.

3. Tidak Menambahkan Garam atau Gula Untuk Balita di Bawah 1 Tahun

Anak usia di bawah 1 tahun memiliki pencernaan yang kurang sempurna, sehingga menghindari bahan-bahan tertentu seperti garam atau gula bisa membuat organ pencernaannya lebih sehat. Di usia demikian mereka juga harus diajarkan dengan berbagai aneka rasa sayuran agar lebih memahaminya.

Jadi, penambahan gula, garam atau bahkan penyedap rasa sama sekali belum terlalu dibutuhkan saat memasak bubur tim sayur. Selain itu, terlalu banyak gula atau garam dalam tubuh si kecil juga berdampak kurang baik untuk kesehatannya.

4. Memasak Bahan Sampai Matang

Makanan apapun yang dimasak tanpa kematangan sempurna terkadang masih mengandung bakteri atau semacamnya. Sehingga untuk menghindari berbagai macam penyakit maka Anda harus memasak bubur tim dengan baik.

Memasak nasi misalnya, setidaknya Anda harus menunggu kurang lebih 30 menitan agar tekstur nasi berubah sedikit lebih halus dan tidak kasar. Jika Anda ingin menambahkan bahan lain seperti daging, maka daging tersebut harus digiling dengan sempurna dan sehalus mungkin untuk mempermudah balita dalam proses mengunyah.

Demikianlah beberapa tips memasak bubur tim sayur yang sebaiknya Anda perhatikan. Memang tidak mudah untuk membuat makanan pendamping ASI yang disukai si kecil, apalagi di usia balita mereka kerap kali memuntahkan kembali makanan yang mereka makan. Namun, sebagai orang tua Anda memang harus senantiasa sabar supaya anak tumbuh dengan baik sesuai usianya.

By admin